Breaking News:

Sudah Suntik Vaksin Masih Terpapar Covid-19, Ini Rentang Waktu Antibodi Terbentuk Efektif

Vaksinasi adalah pemberian mikroorganisme penyebab penyakit infeksi agar seseorang menjadi kebal terhadap penyakit infeksi tersebut.

Darwinsyah/BangkaPos
Ilustrasi Stop Covid-19 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Program vaksinasi Covid-19 sebagai upaya melawan virus corona yang digiatkan pemerintah terus berlangsung.

Namun, kerap kali terpikirkan, usai disuntik vaksin, berapa lama antibodi terbentuk efektif di dalam tubuh?

Ketua Tim Penanggulangan Covid-19 RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang sekaligus Dokter Spesialis Paru, dr Adi Rosadi SpP menjelaskan vaksinasi adalah pemberian mikroorganisme penyebab penyakit infeksi agar seseorang menjadi kebal terhadap penyakit infeksi tersebut.

"Vaksinasi Covid-19 adalah pemberian virus SARS-CoV-2 agar kita di kemudian hari terbebas dari penyakit Covid-19," ujar dr Adi, Kamis (11/3/2021).

"Vaksin terbuat dari virus yang dilemahkan, dimatikan, materi genetik virus atau bagian tertentu dari virus yang kemudian disuntikkan ke tubuh kita sehingga tubuh membentuk antibodi yang akan menghancurkan virus tersebut apabila di kemudian hari kita terinfeksi."

Dijelaskannya, antibodi yang berupa imunoglobulin (Ig) M dan Ig G akan terbentuk dalam rentang waktu 2-4 minggu setelah vaksin disuntikkan.

Efektivitas vaksinasi ini adalah dapat melindungi seseorang untuk terkena Covid-19 berat sebesar 100 persen dan sebesar 77,96 persen perlindungannya terhadap Covid-19 ringan.

"Seseorang yang telah menjalani vaksinasi Covid-19 masih mungkin untuk terpapar dan terinfeksi virus corona tetapi orang tersebut akan kebal atau hanya akan menimbulkan Covid-19 yang tidak bergejala atau gejala ringan saja dan tidak sampai terjadi Covid-19 berat yang sampai merenggut nyawa," kata dr Adi.

Oleh karena itu selama cakupan vaksinasi masih belum mencapai minimal 70 persen penduduk maka masih belum tercapai herd immunity sehingga masih diperlukan upaya 3 M.

Upaya 3M dan 3 T (tracing, test and treatment) dibarengi dengan vaksinasi yang mencakup minimal 70 persen penduduk akan membuat suatu negara akan bebas Covid-19.

Halaman
12
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: El Tjandring
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved