Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Belum Terima Rekomendasi Kemendagri, Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat Ditunda

Jabatan Bupati Kabupaten Bangka Barat saat ini akan habis pada 22 Maret 2021 mendatang.

Bangkapos.com / Antoni Ramli
Sukirman - Bong Ming-Ming 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Jabatan Bupati Kabupaten Bangka Barat saat ini akan habis pada 22 Maret 2021 mendatang.

Namun, hingga saat ini Biro Pemerintahan Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung belum menerima rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri untuk pelaksanaan pelantikan.

Kepala Biro Pemerintahan, Setda Provinsi Bangka Belitung, Kurniawan, mengatakan, pihaknya belum mendapatkan arahan dari Kemendagri terkait pelaksanaan pelantikan bupati dan wakil Kabupaten Bangka Barat.

"Akhir masa jabatan (AMJ) Bupati Bangka Barat berakhir pada 22 Maret 2021. Sementara belum ada arahan dari Kementrian Dalam Negeri terkait pelaksanaan pelantikan. Tetapi rencananya pelantikan serentak dengan bupati dari daerah lain April nanti," jelas Kurniawan kepada Bangkapos.com, Jumat (12/3/2021) di Kantor Gubernur Bangka Belitung.

Kurniawan menjelaskan, untuk mengisi kekosongan jabatan bupati yang berakhir 22 Maret ini, Pemprov Babel telah memberi tahu ke Pemkab Bangka Barat untuk menyiapkan pelaksanan harian (Plh).

"Jadi untuk menghindari kekosongan jabatan di Bangka Barat maka pihak Pemerintah Provinsi Bangka Belitung akan mengirim telegram terkait penunjukan Plh. Plhnya nanti Sekda Bangka Barat," kata Kurniawan'

Dia mengharapkan pelantikan yang akan dilakukan pada April, dilakukan sama seperti pelantikan tiga bupati dan wakil bupati dari Bangka Tengah, Bangka Selatan, dan Belitung Timur, dilakukan secara hybrid atau virtual.

"Jadi nanti pelantikan tahap kedua bersama bupati/wakil bupati dari daerah lainya, diserentakkan di bulan depan. Untuk Surat Keterangan (SK) bupati sudah, sudah ada berbarengan dengan bupati yang selesai dilantik kemaren. Tetapi, nanti dibunyikan terhitung pada saat pelantikan," katanya.

Di mana sebelumnya, Gubernur Provinsi Bangka Belitung Erzaldi Rosman, telah melantik tiga bupati/wakil bupati dari hasil Pilkada serentak di Babel tahun 2020, pada Jumat (26/2/2021) di kantor gubernur.

Mereka yang dilantik Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid- Debby Vita Dewi, Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman- Herry Erfian dan Bupati Belitung Timur Burhanudin-Khairil Anwar.

Sementara Calon Bupati Bangka Barat Sukirman dan Wakilnya Bong Ming-Ming belum dilakukan pelantikan oleh gubernur, mengingat akhir masa jabatan Bupati yang baru habis pada  22 Maret 2021 ini.

(Bangkapos.com/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved