Breaking News:

Berita Pangkalpinang

PLTS Atap Setiap Kantor Belum Berfungsi, Tunggu Penyerahan Kementerian ESDM

Setiap kantor dinas di komplek perkantoran Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, terlihat terpasang, rooftop pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

Bangkapos.com/Riki Pratama
Kabid Energi Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Bangka Belitung, Erman Budiman 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Setiap kantor dinas di komplek perkantoran Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, terlihat terpasang, rooftop pembangkit listrik tenaga surya (PLTS atap).

Total sembilan rooftop terpasang sebagai upaya pemanfaatan energi baru.

Kabid Energi Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Babel Erman, menjelaskan terdapat sembilan kantor yang terpasang rooftop PLTS.

"Terdapat sembilan rooftop PLTS, ini bantuan dari kementerian ESDM semua, pada tahap satu dimulai untuk tiga kantor, dan tahap dua ada enam," kata Erman kepada bangkapos.com, Jumat (12/3/2021).

Ia menjelaskan, rooftop itu berasal dari Kementerian ESDM, sebagai upaya untuk pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) dan penerapan konservasi energi terbaik untuk pencapaian target pembauran energi 23 persen pada 2025.

"Kalau bisa se Babel gunakan ini agar sebesar mungkin kita mengurangi penggunaan energi fosil seperti batubara dan minyak, dalam upaya pemanfaatan energi baru,"jelasnya.

Dia mengatakan, untuk pemanfaatan PLTS yang telah terpasang di beberapa dinas, masih belum digunakan karena menunggu serahterima dari Kementrian ESDM.

"Ini belum dapat digunakan lantaran belum diserahterimakan oleh Kementerian ESDM. Sudah kita suratkan, supaya ini diserahterimakan untuk kami gunakan,"katanya.

Erman, menegaskan dengan program PLTS dengan memanfaatkan energi terbaru ini.

"Akan lebih murah dan efisien pemakaian listrik menggunakan tenaga surya meski diprediksinya pemakaian PLTS baru bisa dilakukan 10 persen.Memang untuk pemakaian ini beratnya di awal karena memang tidak murah, tapi setelah itu pasti murah," ungkap Erman. (Bangkapos/Riki Pratama)

Caption.Bangkapos/Riki Pratama.

Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved