Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Kabupaten Bangka Tambah 17 Pasien Positif Covid-19, Sembuh 1 Orang

Kabar terbaru perkembangan jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bangka, Minggu (14/03/2021) bertambah  17 orang

Darwinsyah/BangkaPos
Ilustrasi Virus Corona Baru 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kabar terbaru perkembangan jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bangka, Minggu (14/03/2021) bertambah  17 orang, sedangkan pasien positif Covid-19 yang sembuh hanya 1 orang.

Dari 17 orang pasien terkonfirmasi positif Covid-19 ini yang terbanyak dari Kecamatan Merawang 6 orang dan Kecamatan Sungailiat juga 6 orang, untuk Kecamatan Merawang ini berasal dari klaster keluarga.

"Jadi jumlah total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bangka sebanyak 2. 152 orang, sedangkan pasien yang sembuh ada 2.069 orang jadi ada 57 orang saat ini menjalani isolasi dan karantina di mess yang disediakan Pemkab Bangka," kata Boy Yandra, Jubir Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka, Minggu (14/03/2021) sore.

Dilanjutkannya untuk pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang meninggal dunia sampai saat ini berjumlah 26 orang. 

Jumlah kontak erat ada 4.457 orang , suspect 1.397 orang, suspect discardit 1.341 orang, sedangkan menunggu hasil Swab PCR dari Labkesda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ada 217 orang. 

"Untuk jumlah 57 orang pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang menjalani isolasi dan perawatan  terbanyak di Kecamatan Sungailiat 26 orang,  Kecamatan Pemali 23 orang dan Merawang 13 orang," ujar Boy Yandra.

Dilanjutkannya, Pemkab Bangka memastikan bagi warga yang dari hasil Rapid Swab Antigen dinyatakan positif maka langsung dilakukan karantina dan isolasi di tempat yang sudah disiapkan Pemkab Bangka, dan tidak diperkenankan melakukan isolasi mandiri di rumah.

Ditambahkannya, untuk tempat karantina dan isolasi di 5 rumah sakit yakni RSUD Depati Bahrin Sungailiat, RSUD Eko Maulana Ali Belinyu, RSUD Mayor Syafri Rahman, RSMS Medika Stannia Sungailiat, RSUP Ir Soekarno Merawang total berjumlah 85 tempat tidur  untuk ruangan  isolasi.

"Untuk tempat ICU ada 19 tempat tidur sedangkan yang terisi 4 orang, jadi yang kosong ada 15 tempat tidur," ujar Boy Yandra.

Sedangkan fasilitas isolasi untuk mess yang disiapkan Pemkab Bangka untuk Mess Anggrek  15 tempat tidur, mess Melati 14 tempat tidur, BKPSDMD 2 Babel ada 19 tempat tidur jadi total ada 48 tempat tidur.

Untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dilaksanakan hari Senin dosis kedua mulai dilaksanakan Senin (15/03/2021) nanti.

"Sedangkan vaksinasi kelompok dua dosis pertama sudah dilaksanakan dengan lancar untuk lansia  sudah terlaksana sebanyak 151 orang," kata Boy Yandra. 

Dilanjutkannya upaya yang dilakukan Dinkes Kabupaten Bangka melakukan kegiatan 3T yakni Tracing, Testing dan Treatment sudah dilakukan secara masif di Kabupaten Bangka setiap hari kecuali hari Minggu, hal ini berguna untuk memutuskan mata rantai penyebaran penularan wabah Covid-19 di Kabupaten Bangka.

"Sedangkan upaya yang dilakukan BPBD Kabupaten Bangka adalah melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa tempat atau rumah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 hingga radius 100 meter di desa-desa, kelurahan dan  kecamatan wilayah Kabupaten Bangka, semoga kita cepat kali ke zona aman," harap Boy Yandra.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved