Breaking News:

Cuaca Berubah Cepat karena Pengaruh Awan Konvektif, Babel Punya Potensi Terjadi Puting Beliung

BMKG Kelas I B Depati Amir Pangkalpinang, menanggapi perubahan cuaca yang kerap terjadi mendadak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Bangkapos.com/dokumentasi
Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I B Depati Amir Pangkalpinang, Kurniaji. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I B Depati Amir Pangkalpinang, menanggapi perubahan cuaca yang kerap terjadi mendadak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Belakangan ini, cuaca di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bisa tiba-tiba berubah dari kondisi cerah menjadi hujan lebat.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I B Depati Amir Pangkalpinang, Kurniaji, Selasa (16/3/2021).

Kurniaji mengatakan perubahan yang cukup cepat itu merupakan hal yang lumrah untuk di wilayah Bangka Belitung.

"Terkait hal itu, lumrah terjadi di wilayah Babel, dalam periode pagi ke siang hari (6 jam), apalagi Babel termasuk daerah Kepulauan, dimana bahan bakar untuk pembentukan awan konvektifnya sangat melimpah," kata Kurniaji, kepada Bangkapos.com, Selasa (16/3/2021)

Kurniaji menjelaskan, ketika di pagi hingga Pukul 10.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB, proses penguapan dan kondensasi intens terjadi sebagai hasil dari interaksi matahari dan perairan lautan, sungai, danau (kolong-red) yang kemudian terbentuk awan-awan konvektif di langit.

"Ketika sudah sampai pada fase dewasa, serta didukung oleh angin yang lemah maka terjadilah hujan dari awan tersebut. Dan cuaca berubah seketika," katanya

"Untuk wilayah kepulauan seperti Babel, tidak ada daerah yang khusus, yang bisa dikatakan besar. Karena potensi angin kencang dan puting beliung semua daerah sama, dalam artian semua itu bisa terjadi," tambahnya.

Menurutnya, berdasarkan informasi perkiraan cuaca, kecepatan angin untuk hari, Selasa (16/3/2021) hingga Rabu (17/3/2021) antara 15 sampai 20 knot.

"Seperti yang tadi saya sampaikan. Semua wilayah kabupaten kota di Babel, punya potensi yang sama untuk kejadian Puting Beliung," ucapnya.

Kondisi cuaca saat ini di beberapa wilayah di Bangka Belitung, masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada pukul 11:30 WIB, diantaranya di wilayah kecamatan Muntok, Simpangteritip.

Selain itu, di wilayah Kelapa, Belinyu, Sungailiat, Pemali, Leparpongok, Lubuk Besar, Pangkalan Baru, Simpangkatis, Simpangrimba, Sungaiselan, Mendo Barat, Payung.

Kondisi tersebut juga dapat meluas ke Kecamatan Jebus, Tempilang, Riausilip, Pudingbesar, Koba, Bukitintan, Gabek, Gerunggang, Pangkalbalam, Tamansari, Rangkui, Rangkui, Girimaya, Namang, Airgegas, Pulau Besar, Toboali, Riausilip, Bakam, Merawang, dan sekitarnya.

(Bangkapos.com/Yuranda)

Penulis: Yuranda
Editor: M Ismunadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved