Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Pemprov Bangka Belitung Ingin Raih Pengakuan Kesamaan Gender, Melalui Penghargaan Ini

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3ACSKB) Provinsi

Bangkapos.com/Riki Pratama
Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3ACSKB) Provinsi Bangka Belitung (Babel) Susanti, mengatakan Pemprov Babel telah dilakukan verifikasi terkait pemberian penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE).

Verifikasi sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran pada pimpinan Kementerian atau Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam upaya mewujudkan Kesetaraan dan Keadilan Gender melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG). 

"Penilaian dilakukan selama dua tahun sekali untuk melihat konsistensi pelaksanaan pengarusutamaan gender (PUG). Pada 2018 Pemprov Babel sudah mendapatkan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tingkat Madya,"kata Susanti kepada Bangkapos.com, Selasa (16/3/2021).

Ia menambahkan untuk target pelaksanaan selama dua tahun, 2019 dan 2020 diharapkan meningkat menjadi utama.

"Karena penghargaan ini bisa turun atau hilang tergantung hasil verifikasi lapangan dan pendalaman yang dilakukan. Tahun ini nominator kabupaten/kota yang masuk bertambah,"katanya.

Berbeda dengan tahun sebelumnya,  2018 hanya terdapat tiga, Pemeritah Provinsi Bangka Belitung, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka.

"Untuk tahun ini jadi lima, yaitu bertambah Kabupaten Belitung Timur dan Kota Pangkalpinang. Mudah-mudahan semua dapat apresiasi anugerah parahita ekapraya (APE) sesuai target, untuk semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat Negeri Serumpun Sebalai,"jelasnya.

Terpisah, Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah, Selasa (16/3/2021) mengatakan, upaya ini harus dilakukan secara maksimal untuk mendapatkanya.

"Meskipun belum sempurna namun tekad Pemprov bersama kabupaten/kota terus berusaha maksimal, melakukan penguatan kapasitas kelembagaan dan meningkatkan implementasi PUG di daerah," kata Abdul Fatah.

Dia mengatakan, ini harus diperjuangkan untuk mencapai masyarakat yang adil, sejahtera.Ditandai dengan meningkatnya Indeks Pembangunan Gender (IPG) dan Indeks Pemberdayaan Gender (IDG). 

"Ini sangat penting untuk mengukur sejauh mana capaian dan keberhasilan kami selaku pemda dalam upaya menciptakan pembangunan yang merata. Kemudian berkeadilan bagi semua komponen masyarakat baik laki-laki maupun perempuan di bumi serumpun sebalai,"tegasnya. (Bangkapos.com/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved