Breaking News:

Otomotif

Wajib Injak Rem Terlebih Dahulu Saat Nyalakan Mobil Matik, Ini Alasannya

Beberapa pabrikan mobil mengharuskan setiap pengemudi menginjak rem terlebih dahulu, baru starter untuk bisa menghidupkan mesin.

ist
Tuas transmisi mobil matik. 

BANGKAPOS.COM - Ada beberapa perbedaan dalam mengoperasikan mobil matik, salah satunya dari menyalakan mesin.

Beberapa pabrikan mobil mengharuskan setiap pengemudi menginjak rem terlebih dahulu, baru starter untuk bisa menghidupkan mesin.

Sebaliknya bila pedal rem tidak diinjak, memencet tombol atau memutar kunci starter tidak akan bisa menghidupkan mesin.

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, hal ini dilakukan sebagai prosedur keselamatan.

"Menyalakan mobil matik dengan injak rem terlebih dahulu dilakukan untuk mengantisipasi mobil bergeser secara tiba-tiba saat mesin dinyalakan, tujuannya untuk memastikan keamanan si pengemudi dan kendaraannya," ujar Bambang kepada Kompas.com, Selasa (16/3/2021).

Meski begitu, Bambang menjelaskan, pengemudi tetap diberi akses untuk mengaktifkan mode aksesoris yang sudah disebutkan sebelumnya.

Hal ini bertujuan agar pemilik mobil tidak perlu sampai harus menyalakan mesin jika lupa menaikan jendela ketika ingin parkir.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi.

"Menginjak rem terlebih dahulu sebelum menyalakan mobil merupakan prosedur keselamatan, agar mobil tidak langsung bergerak atau jalan saat mesin mobil dihidupkan," ucap Didi.

Tidak jauh berbeda dengan mobil matik, mobil manual pun sebetulnya juga memiliki prosedur safety serupa, namun berbeda cara pengoperasiannya. Seperti harus menginjak kopling sebelum menghidupkan mobil. (kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenapa Menyalakan Mobil Matik Wajib Injak Rem Terlebih Dahulu?"

Editor: Ajie Gusti Prabowo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved