Breaking News:

Advertorial

Desa Belilik Tingkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat Melalui BUMDes

Desa Belilik, yang berada di Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah, terbentuk dan diresmikan pada tahun 2006 silam. Dengan mayoritas penduduk yang

ist
Pemerintah Desa Belilik Kec. Namang Kab. Bangka Tengah 

Rutin Bagikan Paket Sembako Ke Anak Yatim dan Lansia

“Pemerintah Desa bersama BUMDes setiap tahun selalu rutin menggelar program berbagi, khususnya paket sembako kepada masyarakat lansia dan anak Yatim.
Program ini merupakan hasil laba dari dana BUMDes yang sudah digelar kurang lebih 2 tahun terakhir. Kami berharap kedepannya, kekompakan masyarakat dan perangkat pemerintah desa bisa terus terjalin dan bersinergi untuk mewujudkan pembangunan serta perkembangan desa menuju kesejahteraan bersama,”. H. Muldari (Kepala Desa)

Desa Belilik, yang berada di Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah, terbentuk dan diresmikan pada tahun 2006 silam. Dengan mayoritas penduduk yang berprofesi sebagai Petani, desa Belilik merupakan salah satu desa yang mendapatkan Reward (penghargaan- red) dari Kementerian Desa Republik Indonesia dalam pengelolaan dan pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Pasalnya, berbagai unit usaha yang dikembangkan melalui BUMDes dengan nama Milik Bersama ini mampu menunjukkan kestabilan progres dalam peran membantu meningkatkan perekonomian desa.

Kepala Desa Belilik, H Muldari mengakui BUMDes menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Desa (PADes) dalam rangka pembangunan dan perkembangan desa.

Berbagai unit usaha yang dikembangkan oleh BUMDes Milik Bersama yaitu Berkah Mart, DO Sawit, dan di bidang pertanian/perkebunan seperti Kelapa Sawit, Karet, dan Jagung.

Pihak pemerintah Desa bersama BUMDes turut melibatkan masyarakat desa, baik dalam hal peng­elolaan, pengembangan, dan perawatannya.

“Alhamdulillah dana BUMDes kita tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya, dimana pada tahun ini dana BUMDes naik sekitar Rp 100 juta, dan Alhamdulillah atas upaya dan kerja keras, BUMDes Belilik menjadi salah satu penerima penghargaan dalam pengelolaan dana desa, dan mendapatkan tambahan jumlah dana Desa senilai Rp 1 Miliar,” kata H. Muldari, Selasa (9/3/2021).

Sementara itu Direktur BUMDes Milik Bersama desa Belilik Yurika mengatakan, pihaknya akan berupaya memantapkan pengembangan unit usaha yang ada saat ini, khususnya dalam rangka membantu meningkatkan perekonomian desa menuju masyarakat yang sejahtera.

Dirinya sangat bersyukur atas peran serta pemerintah desa dalam mendukung kemajuan BUMDes Milik Bersama ini. Tentu ke depan, pihaknya akan semakin memantapkan koordinasi bersama pemerintah Desa serta masyarakat, khususnya dalam tumbuh kembangnya BUMDes, serta desa Belilik secara keseluruhan.

Halaman
12
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved