Breaking News:

Fakultas Syariah & Ekonomi Islam IAIN SAS Babel Lakukan Tracer Studi Alumni Prodi Perbankan Syariah

Ketua Tim Penyusunan ISK, Rahmat Ilyas mengatakan kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengkonversi akreditasi Program Studi Perbankan

IAIN SAS Bangka Belitung
Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN SAS Bangka Belitung Lakukan Tracer Studi Alumni Prodi Perbankan Syariah dan observasi kegiatan praktik Kerja Lapangan (PKL), Senin (08/03/2021). 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Dalam rangka pemenuhan Instrumen Suplemen Konversi (ISK), Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, Program Studi Perbankan Syariah, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung melakukan kegiatan Tracer Study, Senin (8/32021).

Ketua Tim Penyusunan ISK, Rahmat Ilyas mengatakan kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengkonversi akreditasi Program Studi Perbankan Syariah dari peringkat B menjadi Baik Sekali.

Kegiatan yang dilaksanakan,  melakukan kunjungan dan meminta respon stakeholder, instansi pemerintah maupun swasta terhadap kepuasan pengguna lulusan program studi perbankan syariah.

"Hingga saat ini jumlah lulusan program studi perbankan syariah sebanyak 625 lulusan, yang tersebar dari seluruh provinsi Kepulauan Bangka Belitung," kata Ilyas.

Dijelaskannya, akreditasi merupakan kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan Program Studi dan Perguruan Tinggi.

Akreditasi dilakukan dengan tujuan untuk menentukan kelayakan Program Studi dan Perguruan Tinggi berdasarkan kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Kemudian menjamin mutu Program Studi dan Perguruan Tinggi secara eksternal baik di  bidang akademik maupun non-akademik untuk melindungi kepentingan mahasiswa dan masyarakat. 

Akreditasi dilakukan terhadap Program Studi dan Perguruan Tinggi berdasarkan ISK. Ini adalah instrumen akreditasi tambahan yang digunakan untuk pengambilan keputusan  konversi peringkat terakreditasi yang diperoleh dengan Instrumen Akreditasi Program Studi 7 Standar menjadi peringkat akreditasi baru sesuai dengan instrumen APS 4.0.

" Hal ini sesuai dengan Permendikbud Nomor 5 Tahun 2020 peringkat terakreditasi/peringkat akreditasi tidak lagi menggunakan A/B/C melainkan Unggul/Baik Sekali/Baik," tegas Ilyas

Ketua Prodi Perbankan Syariah, Rizki menyampaikan kegiatan ini dilakukan juga observasi kegiatan praktik Kerja Lapangan (PKL), Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah, di lembaga keuangan Syariah, di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Menurutnya, Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus di selesaikan oleh setiap mahasiswa pada program studi perbankan syariah, jelasnya.

Dalam pelaksanaan PKL mahasiswa akan di tempatkan di setiap lembaga keuangan syariah untuk mendapatkan pengalaman lapangan terkait dengan pengelolaan lembaga keuangan syariah.

"Kegiatan PKL ini akan dilakanakan pada bulan Juli sampai September 2021. Jumlah peserta tahun 2021 sebanyak 150 mahasiswa. "Kita berharap agar kegiatan penyusunan Instrumen Suplemen Konversi (ISK) dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan waktu yang telah direncanakan sehingga proses konversi akreditasi peringkat B dapat menjadi peringkat Baik Sekali, begitu juga pelaksanaan PKL kita berharap dapat terlaksana sesuai dengan rencana yang telah disusun," harapnya. (*)

(Penulis: Ayak Nan)

Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved