Breaking News:

Perkuat Kerjasama Kelembagaan, IAIN SAS Bangka Belitung Teken MoU dengan Universitas Bangka Belitung

Penandatangan MoU tersebut dilakukan oleh Rektor IAIN SAS Bangka Belitung Dr.Zayadi, M.Ag dan Rektor UBB Dr. Ibrahim, M.Si . Turut

IAIN SAS Bangka Belitung
IAIN SAS Babel dan Universitas Bangka Belitung lakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) di ruang rapat Gedung Terpadu Lantai II, Rabu (17/3/2021) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Universitas Bangka Belitung di ruang rapat Gedung Terpadu Lantai II, Rabu (17/3/2021)

Penandatangan MoU tersebut dilakukan oleh Rektor IAIN SAS Bangka Belitung Dr. Zayadi, M.Ag dan Rektor UBB Dr. Ibrahim, M.Si . Turut hadir Kepala Biro AUAK IAIN SAS Babel Drs. H. Tumiran Ganefo, M.H., Wakil Rektor I Dr. Rusydi Sulaiman, M.Ag., Wakil Rektor II Prof. Dr. H. Hatamar, M.Ag., Wakil Rektor III Dr. Janawi, M.Ag. Kepala SPI, Kepala Perpustakaan, Ketua LPM dan tamu undangan dari IAIN SAS Babel, pihak UBB dampingi oleh Kepala Biro BPKKU UBB Sugeng Riyadi, Ak., Sekretaris LPPM UBB Nanang Wahyudin, Humas UBB Agus Susanto dan jajarannya.

Dalam nota kesepahaman tersebut, kedua belah pihak sepakat melakukan kerja sama dalam hal pengembangan tri dharma perguruan tinggi serta program merdeka belajar kampus merdeka.

IAIN SAS Bangka Belitung dan UBB Babel juga akan bersinergi dalam berbagai hal, diataranya pertukaran dosen, pengembangan akademik dan lain sebagainya untuk peningkatan kemajuan perguruan tinggi kedepannya.

Rektor IAIN SAS Bangka Belitung Dr. Zayadi, M.Ag dalam sambutannya kerjasama penguatan kelembagaan antar perguruan tinggi Islam harus terus digiatkan, khususnya bagi IAIN SAS Bangka Belitung, Penandatangan kerja sama antara Universitas Bangka Belitung (UBB) dengan IAIN Syaikh AbdurrahmanSiddik Bangka Belitung ini terkait pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia para pihak, serta mensinergikan IAIN SAS Bangka Belitung dengan UBB. mengapresiasi terjalinnya MoU IAIN SAS Bangka Belitung dengan UBB tersebut, ia berharap implementasi MoU ini dapat segera dilakukan, agar manfaatnya dapat dirasakan oleh kedua belah pihak.

Sambutan Rektor UBB Dr. Ibrahim, M.Si, UBB terus meningkatkan kerja sama dengan pemangku kepentingan untuk mengembangkan dan penerapan ilmu pengetahuan serta teknologi dalam pembangunan yang berkelanjutan di masyarakat, khususnya di Kepulauan Provinsi Bangka Belitung.

Ia juga mengingatkan bahwa hubungan UBB dengan IAIN SAS BangkaBelitung adalah kombinasi yang sangat baik dan kebutuhan bersama, ujarnya.

Ibrahim dalam sambutannya sangat bersyukur dengan adanya MoU dengan IAIN SAS Bangka Belitung tersebut, menurutnya ini momentum yang sangat baik karena dengan adanya nota kesepahaman ini kedua belah pihak dapat memberikan akses yang luas untuk meningkatkan institusi, kelembagaan masing-masing, terutama untuk para dosen UBB dalam meningkatkan skill keilmuannya.

“Kami berharap dibawah payung MoU ini  punya mitra untuk melaksanakan berbagai kegiatan-kegiatan yang mengarah dalam membina kerjasama antar kedua perguruan tinggi, terutama dibidang tri dharma perguruan tinggi.,” tutur Ibrahim.

Terkait pelaksanaan MoU tersebut, Ibrahim juga mengharapkan kerja sama antara IAIN SAS Bangka Belitung dan UBB nantinya ada tindak lanjut yang kongkrit dan terukur yang dituangkan dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) di unit kerja yang ada disetiap pihak.

“MoU ini harapan kita bisa diteruskan dalam bentuk kegiatan yang lebih detail dan tentu saja terukur, dan diharapkan dengan MoU ini bisa saling membantu dan mengingatkan guna kemajuan Bersama,” ungkapnya.

Di sela-sela pertemuan tersebut, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN SAS Bangka Belitung (Dr. H. Janawi, M.Ag) menjelaskan bahwa IAIN SAS Bangka Belitung akan menindaklanjuti beberapa PKS dengan UBB. Di samping perpustakaan, kita perlu lakukan kolaborasi bidang perencanaan dan penyusunan konsep kampus merdeka, penelitian kolaboratif, konfrensi bersama, publikasi, dan pengabdian kolaboratif. Beberapa unsur ini disepakati oleh Rektor IAIN SAS Bangka Belitung dan Rektor UBB.

Untuk mewujudkan semuanya, pihak lembaga dan masing-masing bidang perlu mengkaji dan mendiskusikan pada tataran internal sebelum didiskusikan  dengan pihak UBB. Prinsipnya perguruan tinggi yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung perlu bersinergi dengan cara silaturrahim bersama secara periodik antar perguruan tinggi, pemerintah daerah, dan pihak lainnya. Semua ini dapat bermanfaat untuk pengembangan sumber daya manusia dan pembangunan daerah.

(Penulis : Ayaknan /Mega Parayannie)

Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved