Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

7 Meninggal Akibat Covid-19 di Belitung Timur, BPBD Turun Langsung Menggali Kuburun

Tempat pemakaman jenazah itu tak jauh dari makam pahlawan, proses penggalian membutuhkan waktu sekitar dua jam

Penulis: Suharli
Editor: khamelia
IST/satgas covid
Pemakaman pasien positif Covid-19 di Provinsi Bangka Belitung 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - BPBD Kabupaten Belitung Timur berjibaku menggali makam jenazah meninggal akibat covid-19 yakni MS (73) di Dusun Gunung, Desa Lalang Jaya, Kecamatan Manggar, Belitung Timur.

Sesuai protokol kesehatan jenazah covid-19 harus dimakamkan 4 jam setelah kematian, Sekitar pukul 00.00 WIB, Minggu (21/3) jenazah diberangkatkan ke tempat pemakaman, namun saat tiba di lokasi itu mereka belum dapat langsung melakukan proses penguburan.

"Jam 12 Malam, saat kami datang kelokasi belum ada tim yang menggali kuburannya, jadi kami dengan rasa kemanusian harus dicarikan solusi, akhirnya setelah koordinasi, biarlah kata saya BPBD ambil alih untuk mengali kuburnya," ujar Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Belitung Timur Surya Mulyana saat dihubungi posbelitung.co, Minggu, (21/3/2021).

Tempat pemakaman jenazah itu tak jauh dari makam pahlawan, proses penggalian membutuhkan waktu sekitar dua jam yang dilakukan empat orang anggota BPBD Beltim saat menggali mereka terkendala karena tanah keras dan berbatu, selain itu juga ditambah dengan tidak adanya penerangan pada malam hari.

"Karena posisi gelap kami harus menyiapkan lampu dan genset, setelah itu baru lah kami dibantu dua orang penggali kubur setempat," jelas Surya.

Setelah itu dilanjutkan proses pemakaman hingga selesai pada pukul 02.30 WIB.

"Karena jenazah sudah diberangkatkan dari rumah duka pada pukul 00.00 WIB selama kurang lebih dua jam menunggu barulah bisa di kebumikan. Karena sesuai protokol kesehatan 4 jam harus keluar kan," ujarnya.

Sebelumnya, menurut informasi yang dihimpun dari lapangan MS meninggal pada pukul 20.00 WIB hari Sabtu (20/3). proses pemulsaran dilakukan oleh pihak rumah sakit.

MS merupakan kasus ke-7 meninggal dunia akibat covid-19 di Belitung Timur.

Dua hari berturut, kurang dari 24 jam dua pasien terkonfirmasi covid-19 meninggal dunia di Belitung Timur, Adanya dua kasus tersebut saat ini di Belitung Timur sudah ada tujuh orang dinyatakan meninggal akibat covid-19 Minggu, (21/3/2021).

Berdasarkan data yang dihimpun posbelitung.co di lapangan kedua pasien tersebut warga Kecamatan Gantung berinisial SY (67) meninggal pada hari Jumat (19/3) dan pada Sabtu (20/3) Warga Manggar berinisial MS (73).

Pemakamam kedua jenazah dilakukan secara protokol kesehatan oleh tim BPBD Belitung Timur.

Posbelitung.co sudah mencoba menghubungi Kepala UPT RSUD Belitung Timur baik melalui telepon maupun pesan singkat, hingga berita ini diturunkan berkenaan dengan meninggalnya kedua pasien tersebut
belum ada keterangan lebih lanjut. (Posbelitung.co,suharli)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved