Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Pemprov Bangka Belitung Bakal Berlakukan Aturan Wajib Sertifikasi Kompetensi Jurnalis

Pemprov Bangka Belitung akan memberlakukan sertifikasi kompetensi bagi perusahaan media dan jurnalis yang melakukan kegiatan jurnalistik di Babel

bangkapos.com
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sudarman saat Jumpa Pers di Ruang Tanjung Kelayang 2 Hotel Santika Pangkalpinang, Sabtu (20/3/2021) sore. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan memberlakukan sertifikasi kompetensi bagi pemimpin redaksi perusahaan media dan jurnalis yang melakukan kegiatan jurnalistik di Bangka Belitung.

kebijakan ini tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Kepulauan Bangka Belitung Nomor 18 Tahun 2019 tentang Penyebarluasan Informasi Penyelenggara Pemerintahan di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Pergub ini sejalan dengan keterbukaan informasi publik, dan masuk dalam 90 persen tata kelola informasi publik di Provinsi Bangka Belitung," kata Kepala Diskominfo Provinsi Bangka Belitung, Sudarman saat konferensi pers di Ruang Tanjung Kelayang 2, Hotel Santika Bangka, Sabtu (20/3/2001).

Sudarman mengatakan Pergub tersebut saat ini belum diberlakukan karena masih pada tahap sosialisasi dan evaluasi.

Sudarman menjelaskan di antara aturan yang tertuang dalam Pergub tersebut adalah pemimpin redaksi sebuah perusahaan media di Bangka Belitung wajib memiliki sertifikat Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Utama.

Sedangkan wartawan atau jurnalis yang meliput harus mengantongi minimal sertifikat UKW Muda.

"Kita akan terus berusaha meningkatkan profesionalisme itu secara bertahap. Dengan demikian ke depan tugas wartawan benar-benar profesional. Jika tidak sertifikasi, nanti jangan sampai meragukan," kata Sudarman.

Diskominfo Bangka Belitung masih memberikan waktu dan ruang kepada perusahaan media dan jurnalis untuk melakukan sertifikasi wartawan.

Sudarman mewakili Gubernur Bangka Belitung membuka kegiatan UKW di Hotel Santika Bangka pada Sabtu 20/3/2021).

UKW yang diikuti 54 jurnalis ini diselenggarakan Dewan Pers bekerja sama dengan Universitas Prof Dr Moestopo Jakarta.

Peserta UKW terdiri dari 49 wartawan mengikuti UKW Muda, dan 6 jurnalis ikut UKW Madya. Dari jumlah peserta yang terdaftar, 1 orang peserta UKW Muda  tidak hadir.

UKW selama dua hari, Sabtu dan Minggu (20-21/3/2021) diselenggarakan di Ruang Tanjung Kelayang 2, Hotel Santika Bangka.

(Bangkapos.com/Fitriadi)

Penulis: fitriadi
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved