Breaking News:

518 Pelajar Lolos Masuk Universitas Bangka Belitung Lewat Jalur SNMPTN

Dari 3.100 pendaftar ke Universitas Bangka Belitung, yang diterima adalah sebanyak 518 orang.

istimewa
Sosialisasi dan Pendaftaran mahasiswa baru SNMPTN 2021. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Panitia pusat melalui Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan calon mahasiswa melalui jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) hari ini, Senin (22/3/2021).

Dari 3.100 pendaftar ke Universitas Bangka Belitung, yang diterima adalah sebanyak 518 orang.

Rektor Universitas Bangka Belitung, Dr Ibrahim mengatakan sebanyak 518 orang ini adalah calon mahasiswa UBB lebih kurang 30 persen dari 1500 yang akan diterima pada tahun 2021.

"Panitia pusat melakukan seleksi secara tersistem dengan menggunakan nilai raport siswa dan usulan prestasi yang dilampirkan dokumennya. Dalam hal ini, UBB sebagai salah satu PTN tujuan dalam posisi menerima daftar calon mahasiswa yang dinyatakan lulus," ujar Dr Ibrahim, Senin (22/3/2021).

Ia berharap, agar calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di jalur SNMPTN ini segera mempersiapkan diri dengan mengikuti tahapan daftar ulang berikutnya.

"Yang pasti, mahasiswa yang telah dinyatakan lulus pada jalur ini dan tidak daftar ulang, tidak bisa lagi ikut jalur SBMPTN atau UTBK nanti karena sistemnya langsung dikunci."

"Tentu karena ini kesempatan istimewa, kami berharap agar para calon mahasiswa baru tidak melewatkan kesempatan. Mereka terpilih dengan menyisihkan rata-rata 6 orang pada formasinya," kata Dr Ibrahim.

Setelah seleksi ini, ada jalur SBMPTN atau UTBK yang saat ini pendaftarannya masih berlangsung.

SBMPTN adalah proses penerimaan dengan jalur tes berbasis computer kemudian jalur terakhir adalah jalur SMMPTN Wilayah Barat.

40 persen mahasiswa akan diterima di jalur SBMPTN, dan sisanya sekitar 20 persen akan diterima di jalur SMMPTN Barat nanti.

"Alhamdulillah kami bersyukur karena tingkat keketatan masuk jurusan di UBB meningkat, dari sebelumnya 1 : 4 menjadi 1 : 6. Trend ini menunjukkan bahwa UBB semakin diminati oleh calon mahasiswa dari berbagai daerah. Bagi yang belum lulus, masih ada jalur SBMPTN dan SMMPTN yang menanti," kata Dr Ibrahim.

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: El Tjandring
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved