Breaking News:

Wajib Dipahami Pasangan, Sadari 12 Tanda Hubungan Asmara Menjadi "Abusive"

Selain menjadi toksik, hubungan yang penuh kekerasan juga dapat menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan secara fisik sekaligus mental korbannya.

Augusta Health
Cara Menghindari Kecemasan hingga Stres 

BANGKAPOS.COM - Tindak kekerasan dalam hubungan asmara atau abusive relationship bisa terjadi pada siapa saja -baik perempuan maupun laki-laki- dan dalam berbagai bentuk.

Selain menjadi toksik, hubungan yang penuh kekerasan juga dapat menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan secara fisik sekaligus mental korbannya.

Adapun tanda-tanda kekerasan dalam hubungan asmara sebenarnya dapat muncul sejak awal kita menjalin hubungan tersebut.

Nah, berdasarkan pengamatan para ahli, berikut tanda-tanda perilaku yang mengindikasikan suatu hubungan bisa berubah menjadi kekerasan seperti yang dilansir dari laman The Healthy.

1. Memaksakan kehendak
Apabila pasangan kita mulai meminta sesuatu hal dengan cara-cara yang memaksa, itu bisa menjadi indikasi munculnya sikap yang abusive.

Menurut psikolog di Philadelphia, Pennsylvania, Kendra Kubala, perilaku pasangan yang memaksakan kehendak sebelum kita siap untuk memutuskannya dapat menandakan potensi hubungan yang kasar.

"Pasangan yang melakukan kekerasan dan membuat kita selalu merasa bersalah sebaiknya dihindari," katanya.

2. Mengontrol secara berlebihan
Mengontrol secara berlebihan atau overprotective adalah perilaku yang dapat menjadi isyarat bahwa suatu hubungan bisa berubah menjadi kasar.

Rudi Rahbar, seorang psikolog klinis yang mengkhususkan diri pada pasangan dan keluarga mengungkapkan beberapa hal yang perlu diwaspadai.

Misalnya, jika pasangan sering bertanya ke mana kita pergi, mulai menanyakan keberadaan kita, dan memiliki masalah dengan emosi, itu merupakan indikator perilaku abusive pada hubungan.

Halaman
1234
Editor: Ajie Gusti Prabowo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved