Breaking News:

189 Jiwa Tempati Rusunawa Pangkalpinang, Tarif Satu Bulannya Mulai dari Rp175 Ribu

Kepala UPT Pengelola Rusunawa Ary Kusmawati menyebutkan, ada 77 kepala keluarga (KK), dan total 189 jiwa yang menempati Rusunawa.

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Kepala UPT Pengelola Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Ary Kusmawati menyebutkan, ada 77 kepala keluarga (KK), dan total 189 jiwa yang menempati rusunawa saat ini.

Sejak tahun 2010 dibangun untuk blok A dan B, dan 2012 untuk blok C dan D, rusunawa memang diperuntukan membantu masyarakat yang tidak memiliki rumah layak huni atau yang belum memiliki tempat tinggal. Dan dikhususkan membantu masyarakat yang berpenghasilan rendah (MBR).

Kata Ary, yang saat ini bisa ditempati hanya blok C dan D, sementara A dan B sedang dalam masa perbaikan.

Satu blok tersedia 99 kamar, total ada 197 kamar yang bisa ditempati di rusunawa Pangkalpinang.

Adapun tarif hunian perbulannya, lantai dasar sebesar Rp250 ribu, lantai 1 Rp250 ribu, lantai 2 Rp225 ribu, lantai 3 Rp200 ribu, lantai 4 Rp175 ribu.

Dengan persyaratan, surat pernyataan menghuni rusunawa, surat keterangan belum memiliki tempat tinggal sendiri, fotocopy KTP Suami atau istri, fotocopy Kartu Keluarga, membayar uang jaminan 3 (tiga) bulan di muka, membayar uang sewa bulanan pertama, Map Folio sebanyak 2 (dua) Lembar dan Pas Photo ukuran 4 x 6 2 (dua) Lembar.

"Yang kita utamakan sih memang masyarakat yang berpenghasilan rendah (MBR) tapi untuk sekarang juga diperbolehkan untuk yang karyawan-karyawan yang berpengasilan rendah dan bukan warga kota Pangkalpinang. Kalau saat ini dominan memang yang sudah berkeluarga, yang merantau tak memiliki tempat tinggal juga boleh tapi berdomisili Pangakalpinang," ujar Ary saat ditemui Bangkapos.com, Selasa (23/3/2021).

Ary menyebutkan, dengan harga tersebut penguni sudah mendapatakan fasilitas token listrik dan air PDAM perbulannya.

"Kita isi token itu secukupnya kalau kurang biasanya langsung mereka yang menambahkan langsung, air bersih dari PDAM juga difasilitasi. Kita juga aksesnya tidak begitu jauh dari pemukiman masih dekat dengan pasar, pelabuhan, sekolahan juga dekat, jadi memang letaknya strategis," jelasnya.

Tak hanya itu kata Ary, rusunawa juga sudah tersedia taman bermain untuk anak-anak dan mushola di lantai dasar untuk tempat masyarakat beribadah bersama.

Menurutnya, penguni rusunawa sebetulnya hanya dibatasi tiga tahun saja, lebih dari itu akan diminta untuk mengurusi persyaratan ulang atau perpanjangan.

"Untuk masyarakat yang belum memiliki tempat tinggal yang layak silahkan menempati rusunawa ini yang sudah disediakan pemerintah untuk membantu. Dengan segala fasilitas dan tempat yang nyaman," sebutnya.

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: El Tjandring
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved