Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Cegah Stunting, BKKBN Babel Gencarkan KIE 1000 Hari Pertama Kehidupan Bayi

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Babel Menunjukan prevalensi stunting di Bangka Belitung berada pada persentase 19,93 persen.

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Kepala Perwakilan BKKBN Bangka Belitung, Fazar Supriadi Sentosa saat memberikan KIE 1000 HPK dalam Rangka Pencegahan Stunting di Kantor BKKBN Bangka Belitung, Selasa (23/3/2021). 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung menunjukan prevalensi stunting di Bangka Belitung berdasarkan SSGBI 2019 berada pada persentase 19,93 persen.

Kepala Perwakilan BKKBN Bangka Belitung, Fazar Supriadi Sentosa mengatakan target harus turun lima angka menjadi 14 persen secara nasional.

"BKKBN ada program 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) namanya, dilakukan sosialisasi kepada ibu hamil, ibu yang mempunyai batuta (balita dua tahun, remaja yang masih sekolah dan remaja yang akan menikah,"kata Fazar usai agenda Advokasi kepada pemangku kebijakan dalam melaksanakan promosi dan Kartu Edukasi dan Informasi (KIE)1000 HPK dalam Rangka Pencegahan Stunting di Kantor BKKBN Bangka Belitung, Selasa (23/3/2021).

Pernikahan dini juga menjadi faktor yang menyebabkan stunting, hal ini dikarenakan menikah di usia dini, reproduksi ibu belum siap sehingga dapat memicu kelahiran anak tidak sesuai dengan panjang dan berat badan bayi.

"Pernikahan dini ini bisa menyebabkan 20 persen anak itu stunting. Anak yang lahir stunting biasanya panjang tidak sampai 47 cm, dan beratnya juga tidak sampai 2,5 Kg," kata Fazar.

Pemerintah provinsi Bangka Belitung melalui Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung sudah melakukan berbagai upaya untuk mencegah stunting dengan memperhatikan gizi ibu saat hamil, dan BKKBN akan memberikan penyuluhan tentang pola asuh hingga balita.

"Penting sekali stunting ini diatasi, untuk menciptakan generasi yang berkualitas di masa depan. Jadi anak harus sehat dan pintar, masyarakat harus hidup sehat, bergizi dan olahraga serta jangan konsumsi narkoba," saran Fazar.

Stunting di Bangka Barat Tertinggi

Kabupaten Bangka Barat menjadi kabupaten dengan angka stunting tertinggi dengan persentase 12,38 persen di Kepulauan Bangka Belitung berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung menurut E-PPGBM per bulan Agustus 2020.

Posisi kedua berada pada Kabupaten Belitung dengan persentase 6,98 persen sedangkan posisi ketiga berada pada kabupaten Belitung Timur dengan persentase 5,34 persen.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved