Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Jelang Ramadan, Tokoh Agama dan Guru Prioritas Divaksin Tahap Tiga di Bangka Tengah

Di Bangka Tengah, pelaksanaan vaksin sudah dilakukan dua tahap dengan sasaran tahap pertama tenaga kesehatan dan tahap kedua pejabat publik.

(bangkapos.com/Sela Agustika).
Plt Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah Zaitun 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pelaksanaan vaksinasi terus dilakukan oleh pemerintah sebagai upaya untuk menekan laju peningkatan Covid-19.

Khususnya di Bangka Tengah, pelaksanaan vaksin sudah dilakukan dua tahap dengan sasaran tahap pertama tenaga kesehatan dan tahap kedua pejabat publik.

Sementara untuk tahap selanjutnya atau tahap tiga, Dinas Kesehatan Bangka Tengah memfokuskan pelaksanaan vaksinasi untuk tokoh agama dan para tenaga pengajar atau guru.

Hal ini disampaikan langsung oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah Zaitun. Ia mengatakan difokuskan tokoh agama dan guru untuk pelaksanaan vaksinasi tahap tiga mengingat sebentar lagi memasuki bulan Ramadan dan tahun ajaran baru.

"Sebentar lagi kan Ramadan dan tahun ajaran baru, jadi sesuai dengan program pemerintah kita fokus untuk melakukan vaksinasi untuk imam-imam masjid, tokoh agama dan para guru-guru. Kemarin kita juga sudah melaksanakan vaksinasi untuk lansia dan calon jemaah haji sesuai program pemerintah sebanyak 300 dosis di Bangka Tengah," Kata Zaitun kepada Bangkapos.com, Selasa (23/3/2021).

Ia mengatakan saat ini pihaknya sudah mengajukan usulan sebanyak 5.000 dosis vaksin ke pemerintah provinsi untuk pelaksanaan vaksinasi tahap tiga..

"Yang kita ajukan ke provinsi ada 5.000 dosis, tetapi ini baru diajukan belum tahu berapa dapatnya, nanti kalau sudah ada baru kita bagi ada berapa kuota untuk tokoh agama dan guru ini,"ungkapnya.

Ia menambahkan pihaknya juga telah bekerja sama dengan Kabid Kesejahteraan rakyat (Kesra) terkait data tokoh agama yang ada di Bangka Tengah.

"Jadi kita belum tahu kuotanya berapa sehingga belum bisa mendata lebih lanjut. Kemarin khusus pelayanan publik kita ajukan 3.000 tetapi dapatnya 1.600 sehingga ini kita prioritaskan untuk kepala OPD atau yang tua-tua terlebih dahulu divaksin," ujar Zaitun.

Baca juga: Galau Arti Status Sedang Dievaluasi di Akun Prakerja, Tanda Lulus Atau Tidak? Ini Penjelasannya

Menurutnya, proses pelaksanaan vaksinasi tahap satu dan dua yang berlangsung di Bangka Tengah berjalan dengan baik dan lancar.

"Untuk nakes pelaksanaan vaksinasinya bisa terkoordinir dengan baik, hanya saja kemarin beberapa yang belum karena ada riwayat tertentu dan ada yang terpapar covid, jadi harus ditunda dulu dan dilakukan nanti. Sedangkan untuk pejabat publik dengan sasaran 1.600 dosis sudah selesai kita lakukan, tetapi memang belum terakomodir semuanya," kata Zaitun.

Ia berharap kuota yang diajukan untuk pelaksanaan vaksinasi tahap tiga ini bisa terpenuhi dengan maksimal.

"Jika memang kuota yang diberikan ke kita untuk tokoh agama dan guru masih ada sisa, maka akan kita lanjutkan ke pelayan publik karena memang sebenarnya pelaksanaan vaksin untuk pejabat publik ini belum terakomodir semua. Intinya kami melaksanakan sesuai kebijakan dari pusat," tuturnya.

Bangkapos.com/Sela Agustika

Penulis: Sela Agustika
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved