Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Dody Kusdian Sebut Efektivitas Vaksin Penting untuk Tingkatkan Kepercayaan Masyarakat

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Bangka Belitung, Dody Kusdian beranggapan efektivitas vaksin itu penting untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Bangka Belitung, Dody Kusdian. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Sebanyak 24 persen masyarakat Indonesia tidak percaya dengan vaksin, 64 persen percaya dengan vaksin itu aman dan sisanya 11 persen mengaku tidak tahu soal keamanan vaksin.

Hal ini berdasarkan data riset Lembaga Saiful Mujani Research and Consultant (SMRC).

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Bangka Belitung, Dody Kusdian beranggapan efektivitas vaksin itu penting untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat.

"Kita tahu kekebalan tubuh ada dua jalannya, pertama dengan vaksinasi dan kedua secara alami, mereka yang terkena Covid-19 langsung. Sekarang pilihan masyarakat," ujar Dody saat ditemui bangkapos.com, Rabu (24/4/2021).

Selain itu, kepercayaan terhadap birokrasi dan pemerintah itu juga mempengaruhi tingkat kepercayaan terhadap vaksin.

"Untuk meningkatkan kepercayaan perlu ada sebuah penyadaran dan sosialisasi yang masif."

"Kita ini ingin kemudian corona cepat berakhir, menyambut bulan Ramadhan, terawih bersama, lebaran, sekolah bisa buka, ini vaksinasi sebagai salah satu untuk mempercepat proses itu," saran Dody.

Selain itu, pemahaman akan keamanan dan kehalalan vaksin penting untuk disampaikan kepada masyarakat agar mereka tidak ragu untuk divaksinasi.

"Perlu komunikasi antar pemerintah dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dengan masyarakat, tokoh agama dan pemuka, karena dari mereka lah simpul-simpul massa itu," kata Dody.

Sebelumnya, Juru Bicara Vaksinisasi di Bangka Belitung sekaligus Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo Utomo menilai kepercayaan vaksin di Bangka Belitung cukup tinggi.

"Kalau dari persentase artinya jumlah penduduk dengan yang divaksin, Alhamdulilah tinggi, kemudian ini terus dan membaik, mempercepat selesainya pandemi," tanggap Dody.

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: El Tjandring
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved