Breaking News:

Sedang Menunggu Jadwal Vaksin Covid-19, Ini Pantangan yang Wajib Dipahami

Program vaksinasi untuk melindungi diri dari infeksi Covid-19 terus disebar ke berbagai daerah di Indonesia untuk memperluas cakupan vaksinasi.

Youtube Kompas TV
Ilustrasi vaksinasi. Ternyata vaksin corona menyebabkan dampak ini saat disuntikkan  

BANGKAPOS.COM - Program vaksinasi untuk melindungi diri dari infeksi Covid-19 terus disebar ke berbagai daerah di Indonesia untuk memperluas cakupan vaksinasi.

Kamu yang saat ini sedang menunggu jadwal penerimaan vaksin perlu mempersiapkan diri dengan membaca informasi yang akurat tentang keamanan dan efek samping vaksin.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui dan jika kamu memiliki kondisi khusus, seperti menderita penyakit tertentu, konsultasikan dengan dokter.

Dr. Neha Vyas, MD, seorang dokter pengobatan keluarga di Cleveland Clinic mengatakan bahwa kita tidak perlu khawatir tentang vaksin Covid-19 ini.

Yang perlu kita lakukan adalah menghindari hal-hal yang bisa saja menganggu efektivitas dari vaksin.

1. Menunda jadwal dermal filler
Ada baiknya kamu menunda jadwal dermal filler atau perawatan kecantikan lain.

Hal ini untuk mencegah terjadinya pembengkakan pada wajah, yang pernah terjadi pada beberapa orang selama uji coba fase tiga vaksin Moderna.

2. Jadwal ulang mammogram (pemeriksaan payudara)
Penemuan terbaru lainnya adalah vaksin Pfizer dan Moderna COVID-19 dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak, terutama di sisi tempat suntikan diberikan.

Pembengkakan ini telah disalah artikan sebagai benjolan payudara. Karenanya, jadwalkan ulang pemeriksaan mamografi hingga empat minggu setelah mendapatkan dosis kedua vaksin.

3. Tidak mengonsumsi obat anti-inflamasi
Ada baiknya tidak mengonsumsi obat anti-inflamasi atau obat pereda nyeri sejenisnya sebelum divaksinasi karena dikhawatirkan dapat mengurangi respon imun terhadap vaksin.

Halaman
12
Editor: Ajie Gusti Prabowo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved