Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Baru Satu Jam Diguyur Hujan, Begini Kondisi Pangkalpinang, Mikron: Perlu Terobosan Aplikatif

Satu jam hujan mengguyur Kota Pangkalpinang, menyebabkan beberapa titik di daerah tersebut tergenang air, Kamis (24/3/2021) petang.

bangkapos.com
Hujan mengguyur Pangkalpinang, menyebabkan beberapa titik di tergenang air, Kamis (25/3/2021) sore.(Bangkapos.com/Yuranda) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA - Satu jam hujan mengguyur Kota Pangkalpinang, menyebabkan beberapa titik di daerah tersebut tergenang air, Kamis (24/3/2021) petang.

Daerah yang tergenang air di antaranya, Jalan Kapten Munzir (Balai), Jalan Ahmad Yani Dalam dekat Pasar Pagi, Jalan Cempedak, Kelurahan Kampung Keramat, Rangkui, Kelurahan Rejosari dan Pangkalbalam.

Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mikron Antariksa, Kamis (25/3/2021) mengatakan, untuk menangani masalah ini, perlu terobosan yang sifatnya aplikatif.

"Selama masih ada pendangkalan akibat lumpur kiriman dan bangunan-bangunan di tempat serapan air. Banjir tetap ada, aplikatifnya hentikan kegiatan di hulu dan kembalikan fungsi lahan ke asalnya," kata Mikro, petang tadi.

Mikron mengimbau kepada masyarakat yang mendirikan bangunan di hulu atau di hilir sungai, jangan menutupi aliran tersebut, sehingga tidak terjadi pedangkalan sungai.

Selainitu saat mendirikan bangunan harus lebih dulu mengantongi izin dari pemerintah terkait.

"Solusi yang harus diperhatikan guna tidak terjadi genangan memperbesar bandar (parit -red), pendalaman, pembersihan. Tiap rumah bisa juga membuat lobang biopori untuk tempat resapan air," katanya. (Bangkapos.com/Yuranda)

Penulis: Yuranda
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved