Breaking News:

Tingkatkan Hasil Tangkapan, PT Timah dan Nelayan Tanjung Gunung Tenggelamkan 55 Unit Rumpon

PT Timah Tbk bersama nelayan desa Tanjung Gunung menenggelamkan sebanyak 55 unit rumpon atau rumah ikan di Laut Tanjung Gunung, Bangka Tengah.

Ist
PT Timah Tbk bersama nelayan desa Tanjung Gunung menenggelamkan sebanyak 55 unit rumpon atau rumah ikan di Laut Tanjung Gunung, Bangka Tengah, Rabu (24/3/2021). 

BANGKAPOS.COM - PT Timah Tbk bersama nelayan desa Tanjung Gunung menenggelamkan sebanyak 55 unit rumpon atau rumah ikan di Laut Tanjung Gunung, Bangka Tengah, Rabu (24/3/2021).

Rumpon-rumpon ini ditenggelamkan ke tujuh titik. Jenis rumpon yang ditenggelamkan ini terdiri dari enam jenis seperti bundar, kotak dan limas.

Selain menenggelamkan rumpon, sebelumnya PT Timah juga melibatkan para nelayan untuk membuat puluhan rumpon ini.

Pembuatan dan penenggelaman rumpon bersama nelayan ini merupakan program CSR PT Timah bidang Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

PT Timah Tbk bersama nelayan desa Tanjung Gunung menenggelamkan sebanyak 55 unit rumpon atau rumah ikan di Laut Tanjung Gunung, Bangka Tengah, Rabu (24/3/2021).
PT Timah Tbk bersama nelayan desa Tanjung Gunung menenggelamkan sebanyak 55 unit rumpon atau rumah ikan di Laut Tanjung Gunung, Bangka Tengah, Rabu (24/3/2021). (Ist)

Bendahara Kelompok Nelayan Semujur Indah, Junior mengatakan pembuatan dan penenggelaman rumpon ini tidak hanya melibatkan kelompok mereka saja. Melainkan juga, nelayan dari kelompok lainnya.

Pasalnya, rumpon-rumpon ini nantinya juga akan dimanfaatkan nelayan untuk meningkatkan hasil tangkap nelayan.

Ia mengatakan, pembuatan rumpon hingga penenggelaman ini diselesaikan dalam waktu dua pekan bersama nelayan.

“Kelompok kami saja ada 11 nelayan, tapi nelayan dari kelompok lainnya juga ikut mendukung kegiatan ini baik pembuatan maupun penenggelaman, artinya semua nelayan ikut. Selain menenggelamkan 55 rumpon kita juga menenggelamkan bambu sekitar 100 batang dan kelapa sekitar 200 daun. Ini semuanya melibatkan nelayan, kapal yang digunakan juga kapal nelayan,” katanya.

Menurut Junior, penenggelaman rumpon ini memberikan banyak manfaat bagi nelayan untuk meningkatkan hasil tangkapan nelayan.

Dengan adanya rumah ikan ini, para nelayan bisa lebih mudah untuk mendapatkan hasil tangkapan.

Halaman
12
Penulis: iklan bangkapos
Editor: El Tjandring
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved