Breaking News:

UMKM Daur Ulang Limbah Karton Bekas Menjadi Produk Bernilai Ekonomi

Usaha daur ulang Galeri Seroja IV yang beralamat di Jalan A Yani, Kota Pangkalpinang, memiliki nilai jual hingga ratusan ribu rupiah.

bangkapos/resha juhari
UMKM Daur Ulang Limbah Karton Bekas Menjadi Produk Bernilai Ekonomi 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Usaha daur ulang Galeri Seroja IV yang beralamat di Jalan A Yani, Kota Pangkalpinang, memiliki nilai jual hingga ratusan ribu rupiah. Harga jual tersebut berasal dari seluruh kegiatan pemanfaatan limbah karton bekas menjadi produk bernilai ekonomi.

"Hingga saat ini produk yang sudah kita hasilkan mulai dari meja, kursi, rak tv, partisi, pot kembang, lampu hias hingga celengan yang proses produksinya dikerjakan oleh tiga karyawan," kata Darwanto (50), pemilik Galeri Seroja IV, di Kota Pangkalpinang, Kamis (25/3/2021).

Darwanto mengatakan, pada April tahun lalu awal mulai ia memanfaatkan limbah karton bekas. Pertama yang dibuat adalah meja dan kursi, hingga saat ini telah menciptakan 22 macam kreasi barang dengan memiliki nilai jual.

"Berawal banyaknya bahan baku limbah karton bekas yang tidak terpakai. Dan terpikir kalau dimanfaatkan akan menjadi apa bahan baku ini. Lalu timbul konsep bahwa kita bisa tidak membuat meja, ternyata bisa menjadi rupiah." katanya.

Limbah karton bekas sebagai bahan baku produksi usahanya didapat dari tempat-tempat percetakan yang ada di Kota Pangkalpinang. Hasil jadi dari limbah yang awalnya dibuang begitu saja tersebut dijual mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 500 ribu tergantung jenisnya. (resha)

#umkm #bangka #pangkalpinang #bangkapos

Penulis: Resha Juhari
Editor: El Tjandring
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved