Breaking News:

CASN 2021

Banyak Honorer Menolak, Menurut BKN PPPK dan PNS Punya Kedudukan dan Hak yang Sama Sebagai ASN

Banyak Honorer Menolak, Menurut BKN PPPK dan PNS Punya Kedudukan dan Hak yang Sama Sebagai ASN

Tribun Pontianak
Ilustrasi guru honorer 

BANGKAPOS.COM -- Badan Kepegawaian Negara (BKN) merespon banyaknya honorer guru K2 yang menolak untuk menjadi PPPK. Padahal menurut BKN, PPPK merupakan ASN yang memiliki kedudukan setara dan hak kepegawaian yang sama dengan PNS.

"Dlm UU No 5 Th 2014 sdh ditegaskan bahwa ASN terdiri dari PNS & PPPK. Keduanya memiliki kedudukan setara & hak kepegawaian yg sama.

Namun di lapangan, masih saja muncul pertanyaan & keraguan tentang PPPK, termasuk tentang hal2 apa saja yg membedakan PNS & PPPK," demikian diposting akun resmi @bkngoidofficial.

Baca juga: Kakek Ikut Bernafsu saat Gerebek 2 ABG Berbuat Asusila di Kamar Mandi, Lalu Minta Dilayani

Pemerintah memastikan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) memperoleh hak sama dalam perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Perlindungan bagi ASN yang meliputi PNS dan PPPK mengenai perlindungan JKK dan JKM telah diatur melalui Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014.

Ketentuan perlindungan JKK-JKM bagi ASN ditindaklanjuti dalam Peraturan Pemerintah Nomor 70 Tahun 2015 tentang JKK dan jKM bagi pegawai ASN.

Baca juga: Lowongan Kerja Dosen, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Gelar Rekrutmen, Ini Syaratnya dan Caranya

Secara teknis, Badan Kepegawaian Negara ( BKN) menerbitkan Peraturan Kepala BKN Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pedoman Kriteria Penetapan Kecelakaan Kerja, Cacat, dan Penyakit akibat kerja, serta Kriteria Penetapan Tewas bagi Pegawai ASN.

Direktur Status dan Kedudukan Kepegawaian Paryono menjelaskan sejumlah penetapan status kepegawaian, termasuk yang menyangkut JKK dan JKM bagi pegawai ASN.

Penetapan status tewas bagi ASN, lanjut Paryono, seperti pada 2020 lalu,

BKN telah melakukan verifikasi dan validasi untuk menetapkan keputusan status tewas bagi pegawai ASN Tenaga Medis yang meninggal dalam penanganan Covid-19.

Baca juga: Lowongan Kerja BUMN, PT Pertamina Buka Rekrutmen Auditor, Ini Syarat Pendaftaran

Halaman
1234
Penulis: Teddy Malaka (CC)
Editor: Teddy Malaka
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved