Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Ini Tips Mengendarai Sepeda Motor di Genangan Air  

Musim hujan masih terus berlangsung di awal Tahun 2021 ini. Keadaan ini mengharuskan pengendara sepeda motor untuk lebih berhati-hati saat berkendara

Penulis: Widodo | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
ILUSTRASI : Banjir di Jl Kapten Munzir Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Musim hujan masih terus berlangsung di awal Tahun 2021 ini. Keadaan ini mengharuskan pengendara sepeda motor untuk lebih berhati-hati saat berkendara di jalanan. Apalagi di jalanan banyak genangan air.

Untuk itu, Bangkapos.com akan merangkum tips berkendara motor di genangan air supaya motor tidak akan mati dan aman saat berkendara menurut Oriansah M selaku Area Control Marketing CV Sumber Jadi – Main Dealer Yamaha Bangka Belitung.

"Sebenarnya kita kalau bisa hindari jalanan yang banjir, tapi jika dirasa urgent dan harus melewati banjir kurang lebih kita harus waspada saat air mencapai box filter udara mending cari jalan lain utk motor matic, dan jangan lupa harus bisa mengatur putaran gas," kata Oriansah kepada Bangkapos.com, Jumat (26/3/2021).

Sementara, mekanik Yamaha Ramdhani menyebutkan beberapa tips berkendara di jalan yang digenangi air.

1. Perhatikan ketinggian air yang akan dilewati.

Jika lebih 30 cm atau posisi knalpot (untuk tipe bebek dan sport) dan saringan udara (untuk tipe matic) sudah terendam air, segera matikan mesin sepeda motor untuk mencegah air masuk ke dalam ruang bakar.

2. Bawa kendaraan Anda dalam keadaan mesin mati ke daerah yang tidak tergenang air.

3. Jangan langsung nyalakan mesin.

4. Untuk tipe matic buka cover saringan udara lalu kick starter, namun jika pada saat dilakukan kick starter terasa keras, motor jangan dihidupkan karena ada potensi air sudah masuk ke ruang bakar.

5. Buka busi lalu lakukan starter (disarankan dengan kick starter) untuk mengeluarkan air yang terlanjur masuk ke ruang bakar.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved