Breaking News:

Berita Bangka

Masuk 10 Besar Tingkat Nasional, Kabupaten Bangka Siap Hadapi Verifikasi Lapangan PPD 2021

Bappeda Kabupaten Bangka melaksanakan rapat koordinasi bersama stakeholder pelaku pembangunan di Kabupaten Bangka.

Penulis: edwardi
Editor: El Tjandring
(Bangkapos.com/Edwardi)
Bappeda Kabupaten Bangka melaksanakan rapat koordinasi bersama stakeholder pelaku pembangunan di Kabupaten Bangka, Jumat (26/03/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bangka melaksanakan rapat koordinasi bersama stakeholder pelaku pembangunan di Kabupaten Bangka, di aula Kantor Bappeda Kabupaten Bangka, Jumat (26/03/2021).

Rapat koordinasi ini sebagai persiapan penilaian atau verifikasi lapangan oleh Bappenas RI diwakili Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Para pelaku atau stakeholder pembangunan yang diundang, yakni perwakilan OPD terkait di lingkungan Pemkab Bangka, Direktur Perumda Tirta Bangka, Kacab Bank Sumsel Babel Sungailiat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, pelaku UMKM, retail, akademisi, media massa dan undangan lainnya.

Kepala Bappeda Kabupaten Bangka, Pan Budi Marwoto mengatakan maksud kegiatan ini dalam rangka melaksanakan perintah Bupati Bangka, karena dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Bangka ini menggunakan sistem Pentahelix, yakni unsur pemerintah, pengusaha, akademisi, tokoh masyarakat dan media massa.

"Setiap tahun pemerintah pusat melalui Bappenas mengadakan lomba Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) yang diikuti 500 lebih Kabupaten/kota di seluruh Indonesia," kata Pan Budi Marwoto.

Diungkapkan penghargaan PPD ini termasuk penghargaan bergengsi di Indonesia, dari 500 lebih peserta dari kabupaten/kota dalam seleksi tahap pertama, Kabupaten Bangka terpilih masuk 19 besar, lalu dalam seleksi kedua Kabupaten Bangka masuk lagi 10 besar Lomba PPD 2021.

"Untuk yang masuk 10 besar harus dilakukan presentasi, wawancara dan verifikasi, dan untuk presentasi, wawancara sudah dilakukan kemarin, sedangkan verifikasi lapangan akan dilaksanakan tanggal 1-9 April oleh Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mewakili Tim Bappenas," tukas Pan Budi Marwoto.

Dia menjelaskan. ada lima tahapan yang harus dilalui dalam babak 10 besar ini dan sudah dilalui 2 tahap, sekarang ini masuk tahap ketiga yakni verifikasi lapangan pada tanggal 1-9 April mendatang.

"Alhamdulillah Kabupaten Bangka tahun 2020 lalu berhasil menjadi juara ketiga nasional, dibawah Kabupaten Temanggung dan Poso, sedangkan tahun 2021 ini hanya Kabupaten Bangka yang masuk 10 besar, sedangkan 9 kabupaten lainnya pendatang baru. Kita selama 5 tahun terakhir ini selalu masuk 10 besar lomba PPD ini," kata Pan Budi Marwoto.

Daftar Kabupaten yang masuk 10 Besar Lomba PPD 2021 diselenggarakan Bappenas RI:

1. Kabupaten Aceh Barat
2. Kabupaten Agam
3. Kabupaten Banggai
4. Kabupaten Bangka
5. Kabupaten Flores Timur
6. kabupaten Garut
7. Kabupaten Hulu Sungai Selatan
8. Kabupaten Pati
9. kabupaten Pohuwato
10. Kabupaten Polewali Mandar.

Sumber: Bappeda Kabupaten Bangka.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved