Breaking News:

Advertorial

Musrenbang Pembangunan 2022 Kabupaten Bangka, Mulkan Fokus Pemulihan Ekonomi Masyarakat

BUPATI Bangka, Mulkan SH MH membuka Musrenbang Pembangunan Kabupaten Bangka, yang digelar di Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Bangka, Kamis (25/3).

ist
Bupati Bangka, Mulkan SH MH, Kamis (25/3/2021), membuka Musrenbang Pembangunan Kabupaten Bangka, bertempat di Rumah dinas (Rumdin) Bupati Bangka. 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Bupati Bangka, Mulkan SH MH membuka Musrenbang Pembangunan Kabupaten Bangka, yang digelar di Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Bangka, Kamis (25/3/2021).

Perencanaan pembangunan daerah Kabupaten Bangka tahun 2022, akan difokuskan pada upaya pemulihan ekonomi.

Mulkan mengatakan fokus itu menyasar percepatan pertumbuhan ekonomi berbasis teknologi informasi menuju sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

“Bagaimana prioritas dan sasaran pembangunan daerah dapat difokuskan dalam rangka memacu pertumbuhan ekonomi yang menurun, sebagai dampak dari Covid-19 dan juga mengembalikan kemandirian sosial masyarakat yang terpuruk akibat pandemi,” kata Mulkan.

Langkah itu sendiri diawali dengan mendorong kebijakan lintas sektoral yang berfokus pada pembangunan UMKM, pemulihan industri kecil, menengah dan besar, pariwisata serta kemudahan investasi berbasis teknologi informasi.

Mulkan menuturkan, prioritas pembangunan Kabupaten Bangka yang akan datang, yakni seperti pembangunan pariwisata, pertanian, industri dan umkm, pembangunan pendidikan, kesehatan dan perlindu­ngan sosial yang berkeadilan, konektivitas dan pemba­ngunan infrastruktur akses perekonomian, peningkatan pemanfaatan teknologi informasi serta penanggulangan bencana.

“Pandemi Covid-19 sangat berdampak besar terhadap pembangunan nasional maupun pembangunan daerah Kabupaten Bangka. Asumsi-asumsi target makro ekonomi yang sebelumnya disusun dalam target RPJMD tahun 2019-2023 mengalami perubahan signifikan. Sehingga, pada tahun 2022 perlu dilakukan usaha untuk mempercepat pemulihan ekonomi agar pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bangka dapat terus tumbuh ke arah yang positif,” ungkapnya.

Tahun keempat
Diketahui, rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Bangka tahun 2022, merupakan tahapan pembangunan tahun keempat dalam implementasi RPJMD Kabupaten Bangka, periode 2019-2023.

“Perjalanan waktu yang semakin cepat, tantangan yang semakin berat serta cita-cita besar yang ada di depan kita, tentunya kita perlu melakukan kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas serta komitmen yang berintegritas. Hal ini untuk melakukan percepatan pencapaian target visi dan misi Kabupaten Bangka pada tahun 2023,” ucap Mulkan.

Menurutnya, tujuan pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Bangka tahun 2022 ini, yaitu dalam melakukan penajaman, penyelarasan, klarifikasi, masukan dan kesepakatan antar ber­bagai pemangku kepentingan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, dan program pembangunan daerah.

“Perlu kami sampaikan bahwa pada perencanaan tahun 2022, pemerintah Kabupaten Bangka telah mene­rapkan sistem perencanaan berbasis teknologi sistem informasi yaitu Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD),” ucapnya.

Ia berharap kepada seluruh peserta Musrenbang agar dapat mengikuti kegiatan musrenbang RKPD ini secara seksama sampai dengan selesai, khususnya kepada seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dan kepala bidang agar dapat hadir secara aktif mengikuti pembahasan Musrenbang ini pada hari kedua dan ketiga. (003/III/ADVBANGKA/KOMINFOTIK/2021/ede/bow)

Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved