Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Akong Warga Semabung Ketiban Rejeki, Dapat Job Bersihkan 15 Makam Menjelang Ceng Beng

Komplek pemakaman menjadi pusat perhatian warga Etnis Tionghoa di Bangka Belitung menjelang perayaan tahunan Ceng Beng.

Bangkapos.com / Widodo
Akong (40) warga Semabung Lama Kota Pangkalpinang disibukan mengecet beberapa makam menjelang Ceng Beng di pemakaman umum yayasan sentosa Pangkalpinang pada Senin (29/3/2021) sore. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Komplek pemakaman menjadi pusat perhatian warga Etnis Tionghoa di Bangka Belitung menjelang perayaan tahunan Ceng Beng.

Ritual tahunan etnis Tionghoa untuk bersembahyang dan ziarah kubur sesuai dengan ajaran Kong Hu Cu ini mengharuskan untuk membersihkan makam keluarga.

Ada yang datang dengan keluarga besar untuk membersihkannya sendiri, namun ada juga menyewa tenaga pembersih jika tidak punya cukup waktu atau sedang menetap di luar daerah.

Kesempatan inilah yang tidak disia-siakan oleh Akong (40) warga Semabung Lama yang kebanjiran job membersihkan makam menjelang Ceng Beng.

Untuk tahun ini dirinya sudah mendapatkan job membersihkan 15 makam.

Ditemui Bangkapos.com, Senin (29/3/2021) siang, nampak Akong disibukan mengecet makam besar bewarna cream di Pemakaman Umum Yayasan Sentosa Pangkalpinang.

Tangannya terlihat sangat cepat dalam mengecet sekeliling makam.

Mengenakan baju bewarna biru, celana pendek dan topi hitam, Akong tetap semangat menjalankan tugasnya dari mempercantik tampilan beberapa makam.

Sejak pukul 7.30 pagi, Akong bergelut dengan kuas cat dan kaleng cat yang dipegangnya. Sambil menunduk dia berkeliling makam menebalkan cat sehingga lebih bagus.

Menjelang sore, namun panas terik masih sangat menyengat, bukanlah halangan bagi pria kelahiran Semabung Lama 40 tahun itu. Dia dengan antusias mengerjakan tugas dari keluarga dari pemilik makam tersebut.

Halaman
12
Penulis: Widodo
Editor: El Tjandring
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved