Breaking News:

Berita Bangka Selatan

Lantik DPC ABPEDNAS Bangka Selatan, Riza Ingatkan agar Terus Berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah

Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid lantik Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS)

Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan
Pemasangan tanda kepada pengurus DPC Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) Kabupaten Bangka Selatan Periode 2021-2026, Senin (29/3/2021). 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid lantik Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) Kabupaten Bangka Selatan Periode 2021-2026. Senin, (29/3/2021).

Riza Herdavid menyatakan dalam sebuah pemerintahan desa, di dalamnya tidak hanya ada kepala desa ataupun perangkat desa, namun ada pula badan permusyawaratan desa (BPD).

Menurutnya, BPD merupakan lembaga yang melaksanakan fungsi pemerintahan yang memiliki fungsi sangat strategis di desa.

"Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 110 tahun 2016 BPD memiliki fungsi untuk membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa,"  jelas Riza Herdavid.

Selain itu sesuai dengan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, BPD turut memiliki peran penting dalam pembangunan desa.

"Dalam proses pembangunan desa, BPD juga tentunya memiliki peranan penting dalam pembangunan di setiap desa," ujarnya.

Untuk itu Wakil Bupati Bangka Selatan Periode 2015-2020 ini mengingatkan agar BPD mengetahui segala regulasi yang berlaku di desa serta mempelajari setiap aturan-aturan yang mendasari pembangunan dan pengelolaan keuangan di desa sehingga tidak menjadi bias dan timbul permasalahan hukum dikemudian hari.

Ia juga mengimbau agar sinergitas antara BPD dan pemerintah desa terus ditingkatkan serta terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah sehingga proses pembangunan dapat dilakukan bersama-sama.

"Harapan kami adalah dengan terbentuknya DPC ABPEDNAS Kabupaten Bangka Selatan dapat berjalan berdampingan dengan organisasi lainnya seperti APDESI guna meningkatkan perekonomian di desa serta menggali potensi-potensi desa untuk kesejahteraan dan kemakmuran desa," harap Riza.

(Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved