Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Pelantikan Bupati Bangka Barat Dilaksanakan 26 April 2021 Secara Virtual

Mekanisme pelantikan secara virtual mengacu pada surat Menteri Dalam Negeri Nomor 131/966/0TDA tanggal 15 Februari 2021.

Bangkapos.com / Antoni Ramli
Bupati dan wakil bupati Bangka Barat terpilih, Sukirman dan Bong Ming-Ming akan dilantik secara resmi 26 April 2021 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kepala Biro Pemerintahan, Setda Provinsi Bangka Belitung, Kurniawan, mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan edaran dari Kementrian Dalam Negeri terkait pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bangka Barat.

Edaran tersebut tertanggal 25 Maret 2021 nomor 131/1921/OTDA. Menjelaskan bahwa pelantikan serentak periode kedua dilaksanakan secara virtual dan secara hybrid pada 26 April 2021.

"Merujuk edaran dari Kemendagri dilakukan tanggal 26 April 2021. Mekanisme pelantikan secara virtual mengacu pada surat Menteri Dalam Negeri Nomor 131/966/0TDA tanggal 15 Februari 2021. Pelantikan bupati/wakil bupati dan walikota/walikota melalui media teleconference atau video conference,"jelas Kurniawan kepada Bangkapos.com, Senin (29/3/2021).

Kemudian, sambungnya, untuk mekanisme pelantikan secara hybrid dilaksanakan di kantor gubernur yang hanya dihadiri oleh pasangan calon terpilih dan isteri. 

Baca juga: Truk Fuso Seruduk Kendaraan saat Berhenti di Lampu Merah Muntok, Korban Dilarikan ke Puskesmas

"Bagi forkopimda, DPD, keluarga, tokoh masyarakat dan pihak-pihak lain yang terkait, mengikuti pelantikan secara virtual di Kabupaten/Kota masing-masing," lanjutnya.

Kurniawan, menyampaikan pula, untuk kriteria pelantikan secara hybrid dilakukan dengan mempertimbangkan, beberapa faktor, seperti sebaran/zona covid di setiap provinsi, kabupaten dan kota.

"Kemudian kelengkapan alat vidcon, jaringan/sinyal internet yang memadai dan kondisi geografis, selanjutnya kesiapan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), untuk pengamanan dan kesiapan protokol kesehatan," jelasnya. 

Terkait pelaksanaan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bangka Barat, dia mengatakan telah habis masa jabatanya sejak 22 Maret lalu dan saat ini telah diisi oleh pelaksana harian.

"Akhir masa jabatan (AMJ) Bupati Bangka Barat berakhir pada 22 Maret 2021. Untuk mengisi kekosongan jabatan bupati yang telah berakhir digantikan oleh pelaksanan harian (Plh)," terangnya.

(Bangkapos/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved