Breaking News:

Berita Bangka

10 Desa di Kecamatan Merawang Dapat Tambahan Insentif Rp2,9 Miliar untuk APBDes 2021

Kecamatan Merawang yang memiliki 10 desa pada tahun 2021 ini mendapatkan tambahan dana insentif dari pemerintah pusat sebesar total Rp 2,9 miliar.

Bangkapos.com/Edwardi
Bupati Bangka, Mulkan menghadiri kegiatan Review Pelaksanaan APBDes di Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka di Kantor Kecamatan Merawang, Selasa (30/03/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kecamatan Merawang yang memiliki 10 desa pada tahun 2021 ini mendapatkan tambahan dana insentif dari pemerintah pusat sebesar total Rp 2,9 miliar.

Tambahan ini karena Kabupaten Bangka menjadi yang terbaik dalam penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Anggaran Dana Desa (ADD) Tahun 2020 untuk masyarakat yang terdampak wabah pandemi Covid-19.

Hal ini diungkapkan Thony Marza, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPM dan Pemdes) Kabupaten Bangka saat Kegiatan Review Pelaksanaan APBDes di Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka, Selasa (30/03/2021) di Kantor Kecamatan Merawang.

"Jadi untuk ADD bagi 10 desa yang ada di Kecamatan Merawang pada tahun 2921 ini ada peningkatan sebesar Rp 2,9 miliar dari pemerintah pusat sebagai insentif dari pelaksanaan BLT Dana Desa 2020 yang dinilai baik, karena Kabupaten Bangka menjadi yang terbaik dalam penyaluran dana BLT DD Tahun 2020 lalu," kata Thony Marza.

Diungkapkannya untuk serapan APBDes desa-desa di Kecamatan Merawang Tahun 2020 lalu rata-rata bagus, kalau kita bandingkan pada tahun 2019 lalu total Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) sebesar Rp 600 jutaan lebih, sedangkan di tahun 2020 ini Silpa hanya Rp 300 jutaan lebih.

"Jadi kami nilai dengan jumlah Silpa yang menurun ini berarti serapan anggaran APBDes Tahun 2020 lalu untuk desa-desa di Kecamatan Merawang cukup bagus," ujar Thony Marza.

Sementara Bupati Bangka Mulkan mengatakan kegiatan ini merupakan tugas dan tanggung jawab kita selaku pemangku jabatan untuk melaksanakan Review Pelaksanaan APBDes di Kecamatan Merawang.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh perangkat pemerintah desa dan kecamatan yang sudah bekerja dengan baik dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang sudah diprogramkan untuk dilaksanakan di desa-desa," kata Mulkan.

Mulkan menilai pelaksanaan program APBDes Tahun 2020:di desa-desa di Kecamatan Merawang sudah cukup bagus, karena jumlah Silpa lebih kecil dibandingkan tahun 2019 lalu.

"Saya berharap para kades selalu melakukan koordinasi dan bekerjasama dengan baik dengan pak Camat dan dinas terkait agar pelaksanaan program pembangunan bisa dilaksanakan dengan baik sesuai yang direncanakan," harap Mulkan.

Kegiatan ini diikuti seluruh Kades dan Ketua BPD di Kecamatan Merawang dan unsur Muspika Kecamatan Merawang dan tamu undangan lainnya.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: El Tjandring
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved