Breaking News:

CSR PT Timah, Puluhan Warga Desa Kota Kapur Ikuti Creativepreneur Training Lidi Nipah

PT Timah melatih puluhan warga Kota Kapur untuk membuat kerajinan berbahan dasar lidi nipah.

Ist
PT Timah melatih puluhan warga Kota Kapur untuk membuat kerajinan berbahan dasar lidi nipah. 

BANGKAPOS.COM , BANGKA - Menyadari potensi lidi nipah di Desa Kota Kapur yang melimpah, PT Timah melatih puluhan warga desa setempat untuk membuat kerajinan berbahan dasar lidi nipah. Kegiatan bertajuk Creativepreneur Training Lidi Nipah di Desa Kota Kapur ini dilaksanakan di Kantor Desa Kota Kapur, mulai 30 Maret hingga 3 April 2021.

Sebanyak 30 warga antusias mengikuti pelatihan itu. Pihak terkait mendatangkan trainer yakni Risanda dan Eva Deswanti yang telah memiliki Brand Deshanda Craft.

Dua trainer ini lah akan mengajari masyarakat Desa Kota Kapur untuk mengolah lidi nipah menjadi produk kerajinanan. Sehingga nantinya, lidi nipah tidak hanya dieskpor dalam bentuk baku namun sudah kerajinan.

PT Timah melatih puluhan warga Kota Kapur untuk membuat kerajinan berbahan dasar lidi nipah.
PT Timah melatih puluhan warga Kota Kapur untuk membuat kerajinan berbahan dasar lidi nipah. (Ist)

Melalui pelatihan ini PT Timah memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan nilai produk, menciptakan lapangan pekerjaan baru sehingga menjadi sumber ekonomi baru bagi Masyarakat Desa Kota Kapur.

Kepala Desa (Kades) Kota Kapur, Makmun mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan PT Timah yang telah memberikan pengetahuan bagi masyarakat di desanya. Menurutnya, PT Timah juga telah membantu memberikan perahu kepada masyarakat untuk mencari lidi nipah.

Saat ini, kata dia potensi lidi nipah di Kota Kapur cukup banyak, mencapai sekitar 300 hektare. Saat ini ada sekitar 20 lebih warganya yang mencari lidi nipah untuk dijual.

"Sekarang yang dijual lidi nipah, belum bentuk kerajinan. Kita apresiasi PT Timah yang telah membantu masyarakat kami kemarin juga memberikan perahu untuk mencari lidi nipah, ini bantu pelatihan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat kita. Ini luar biasa sekali," katanya.

Ia berharap, nantinya PT Timah akan kembali membantu masyarakat desanya, tidak hanya program sosial namun juga pemberdayaan masyarakat. Dirinya juga meminta warga yang telah mendapatkan pelatihan agar dapat mengaplikasikan ilmunya dan membagikannya kepada masyarakat lainnya.

Kepala Seksi Penyelenggara Pelatihan UPTD Balatkop UKM, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Adi Setiawan mengatakan, kegiatan program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan PT Timah dari hulu ke hilir.

"Bantuan PT Timah ini sudah dari hulu ke hilir, di hulunya PT Timah memberikan bantuan perahu untuk meningkatkan produksi lidi nipah, kemudian di hilirnya PT Timah membantu memberikan pelatihan yang nantinya juga akan membantu memasarkan kerajinan ini di medium yang mereka miliki," ujarnya.

Halaman
12
Editor: Fery Laskari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved