Breaking News:

Gubernur Bangka Belitung Luncurkan QRIS, Siap Terapkan e-Zakat

Dalam rangka menindaklanjuti kerja sama antara Bank Sumsel Babel Syariah bersama Baznas Babel, kedua belah pihak bersama-sama telah

Diskominfo Babel
Gubernur Erzaldi saat menyerahkan secara simbolis QRIS kepada Kepala Biro Kesra Babel 

BANGKAPOS.COM , BANGKA --  Gubernur Erzaldi Rosman mendukung penerapan e-zakat oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Dia memastikan penerapan e-zakat tersebut tahun ini bisa terlaksana melalui fasilitas Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Dalam rangka menindaklanjuti kerja sama antara Bank Sumsel Babel Syariah bersama Baznas Babel, kedua belah pihak bersama-sama telah menyelesaikan pembuatan QRIS.

Hari ini Senin (29/3/2021) Gubernur Erzaldi di Ruang Kerjanya memfasilitasi peluncurannya. 

Gubernur Erzaldi menyerahkan secara simbolis QRIS ini kepada Kepala Biro Kesra Babel dan mengatakan QRIS ini dapat segera digunakan oleh Baznas untuk pengumpulan zakat.

"Maju digitalisasi kita, semoga Baznas lebih maju lagi ke depannya," ungkap Gubernur Erzaldi. 

Luar biasa bagi Gubernur Erzaldi, Baznas sudah selangkah lebih modern.

Di era digital saat ini, kerja sama dengan Bank Sumsel Babel Syariah dinilai Gubernur Erzaldi akan mempermudah pembayaran zakat yakni menggunakan QRIS, dengan scan barcode.

"Tidak perlu susah, cukup scan, uang langsung masuk ke rekening Baznas," jelasnya. 

Diingatkan dalam pertemuan ini, sebagai wujud pertanggungjawaban semua pihak, uang zakat telah dititipkan kepada pihak yang benar dan harus disampaikan kepada orang-orang yang berhak sesuai amanah.

Moment bersejarah bagi Baznas Babel, diluncurkannya QRIS ini sebagai upaya optimalisasi pengumpulan zakat secara digital atau e-zakat. Diyakini pengumpulan bisa dilakukan secara optimal, maka penyerahan hak para muztahiq pun akan lebih terarah melalui penyaluran zakat oleh pemprov dan Baznas Babel.

"Mudah-mudahan ini bermanfaat dalam rangka kita mengentaskan kemiskinan dan menyejahterakan umat khususnya di Babel," ungkap Kepala Baznas Babel, M. Arif Maggo. 

Pihak Bank Sumsel Babel Syariah, pada kesempatan ini mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemprov. Babel untuk memperbanyak QRIS dalam rangka melaksanakan transaksi non-tunai.

"Meskipun dilakukan dengan transaksi non-tunai, insya Allah akan diserahkan kepada pihak yang benar-benar berhak," ungkap salah seorang perwakilan Bank Sumsel Babel Syariah yang hadir.

(Penulis : Nona Dp/Foto : Iyas Zi/Editor : Lisia Ayu)

Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved