Breaking News:

Berita Bangka Barat

Merajut Asa Wisata Mangrove dan Kebun Buah Desa Rukam

Bertani dan berkebun menjadi aktivitas yang mendominasi kegiatan masyarakat Desa Rukam Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat.

bangkapos.com/Edy Yusmanto
Dermaga Sungai Pancur Desa Rukam Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat, Selasa (30/3/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Bertani dan berkebun menjadi aktivitas yang mendominasi kegiatan masyarakat Desa Rukam Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat.

Data desa mencatat setidaknya ada 90 persen warga yang menggantungkan hidup dari hasil kebun sawit, karet dan sahang (lada).

Di balik itu semua, ada asa atau harapan yang sudah lama ingin diwujudkan masyarakat Rukam. Satu di antaranya wisata mangrove dan spot mancing nan eksotis.

"Ada dermaga Pancur di sana yang digunakan sebagian warga kami yang nelayan. Tapi kami ingin mengembangkannya (dermaga) lebih baik lagi," kata Pejabat Kepala Desa Rukam Iwan Ferdianto kepada Bangka Pos, Selasa (30/3/2021).

Wilayah Rukam membentang seluas 6.466 km persegi. Ada 1.340 jiwa atau 410 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di satu dusun, lima Rukun Tetangga (RT) dan satu Rukun Warga (RW).

Mayoritas warganya memang bertani dan berkebun. Namun Iwan melihat ada potensi lain yang bisa menjadi alternatif pemasukan desa dan warga.

"Kami punya keinginan wisata mangrove dan mancing itu jadi andalan. Ini sudah mulai merealisasikannya, sedikit-sedikit," papar Iwan.

Konsep wisata mangrove Rukam tak sama dengan wisata serupa lainnya. Iwan menyebutkan akan ada wisata terintegrasi yang melibatkan banyak potensi lainnya.

"Diawali mengelilingi mangrove lalu memancing ikan khas perairan Rukam. Ada ungar, kerapu, udang dan paling spesial kepiting kalimangok. Kami juga siapkan tempat untuk menikmati hasil tangkapan ini yang tentunya mengasyikkan," papar Iwan.

Rencana membangun wisata mangrove dan spot memancing ini bukan tanpa kendala. Iwan mengatakan sebagian area yang berbenturan dengan Hutan Lindung (HL) dan Hutan Produksi (HP) jadi hambatan.

Halaman
123
Penulis: Edi Yusmanto
Editor: El Tjandring
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved