Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Penerapan GeNose di Pelabuhan Tanjung Kalian, Sidarta Turunkan Tim untuk Sosialisasi

Mulai 1 April 2021 untuk perjalanan dalam negeri akan memberlakukan tes GeNose, untuk semua moda transportasi sebagai alternatif skrining kesehatan

Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy
Sekretaris Satgas penanganan covid-19 Kabupaten Bangka Barat, Sidarta Gautama 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sekretaris Satgas penanganan covid-19 Kabupaten Bangka Barat, Sidarta Gautama mengungkapkan akan menugaskan tim dari Satgas untuk melakukan sosialisasi terkait penerapan GeNose di Pelabuhan Tanjung Kalian, Selasa (30/03/2021).

Hal ini diungkapkan menyusul surat edaran dari satuan tugas penanganan Covid-19 nomor 12 tahun 2021, tentang ketentuan perjalanan orang dalam negeri dalam masa Pandemi Corona Virus Disease 2019.

Diketahui mulai 1 April 2021 untuk perjalanan dalam negeri akan memberlakukan tes GeNose, untuk semua moda transportasi sebagai alternatif skrining kesehatan pelaku perjalanan orang dalam negeri.

"Dengan pelaksanaan GeNose apalagi di awal-awal penerapan, pasti banyak yang masih belum secara utuh mengetahuinya. Nanti kita harus siapkan Satgas di pelabuhan dengan menurunkan tim yang bisa menjelaskan tentang GeNose, jika ada yang tidak terima akan kita jelaskan. Mungkin 1 minggu awal, kita tugaskan dua orang untuk menjelaskan terkait GeNose," ujar Sidarta.

Selain itu Sidarta mengatakan terkait pengadaan alat kelengkapan penggunaan GeNose, teknisnya ada pada PT ASDP dan PT Angkasa Pura.

"Terkait GeNose ini berlaku mulai 1 april, kemudian bagaimana teknis pengadaan di fasilitas-fasilitas umum seperti di pelabuhan atau bandara itu diserahkan kepada BUMN yang mengelola. Jadi kalau di bandara PT Angkasa pura yang mengadakan, kalau di pelabuhan PT ASDP," jelasnya.

Sementara itu Sidarta mengungkapkan terkait pengadaan tidak terlalu sulit, namun pihaknya kini lebih memikirkan terkait karantina jika ada yang ditemukan positif dari hasil tes GeNose.

"Tapi yang jadi masalah bagaimana jika ditemukan positif, makanya nanti pemberlakuan GeNose tetap akan dikoordinir penanggulangan dampak oleh KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan). KKP akan mengkoordinir dan kerja sama dengan Pemda dalam hal ini Satgas, untuk menindaklanjuti GeNose yang positif," ungkapnya. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy).

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved