Breaking News:

Berita Bangka

OPD di Pemkab Bangka Diminta Selamatkan Arsip Sesuai Instruksi Menpan RB

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bangka menggelar sosialisasi kearsipan di Ruang OR Bangka Setara, Kantor Bupati Bangka, Rabu.

Bangkapos.com/Edwardi
Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bangka menggelar sosialisasi kearsipan di OR Bangka Setara Kantor Bupati Bangka, Rabu (31/03/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bangka menggelar sosialisasi kearsipan di Ruang OR Bangka Setara, Kantor Bupati Bangka, Rabu (31/03/2021).

Kegiatan ini diikuti para Camat, Kades dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Bangka dan undangan lainnya.

Narasumber sosialisasi kearsipan, yakni Dr Yan Megawandi, Widyaswara Ahli Utama BKPSMD Provinsi Bangka Belitung, Achmad Haspani Kadiv Sarana dan Administrasi Umum PT Timah Tbk dan Mega Ardiana, arsiparis ahli madya, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bangka Belitung.

Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Bangka, H Achmad Mukhsin yang mewakili Bupati Bangka, Mulkan, mengatakan, penyelamatan dan pelestarian arsip untuk mendukung akuntanbilitas kinerja instansi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sesuai dengan UU No.43 tahun 2009 dan Surat Edaran Menteri Pemberdayaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi, No. 01 tahun 2020 tentang penyelamatan arsip negara.

"Kita berharap kepada seluruh OPD untuk mengamankan, keberadaan arsip yang berkaitan dengan Covid-19, sesuai dengan surat edaran Menteri Pemberdayaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi, No. 01 tahun 2020 tentang Penyelematan dan Pelestarian Arsip Negara periode 2014-2019," kata Mukhsin.

"Kepada kepala OPD dan camat, selaku pencipta arsip, agar melakukan identifikasi arsip yang tercipta, pemberkasan arsip aktif, penataan arsip inaktif, penyusunan daftar arsip aktif dan penyusutan arsip berdasarkan jadwal retensi arsip," ujar Mukhsin.

"Ada dua hal dalam penyelamatan dan pelestarian arsip, yakni tugasnya penyelamatan arsip tugasnya pencipta arsip. Dan pelestarian arsip tugasnya dari pihak lembaga kearsipan daerah," kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bangka, Mina menambahkan.

Mina menyebut, tujuan kegiatan untuk menggerakan para pencipta arsip dan untuk menyelamatkan keberadaan arsip.

"Kita berharap dari kegiatan ini, akan ada tindaklanjut dari kita semua, terutama dari OPD dan lembaga kearsipan daerah, yang bertugas untuk pelestarian arsip," ujar Mina.

"Keberadaan arsip tersebut harus dipertangungjawabkan dan dilaporkan ke Kantor Arsip Nasional Republik Indonesia (ANDRI)."

Halaman
12
Penulis: edwardi
Editor: El Tjandring
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved