Breaking News:

WIKI

Tanjungpendam, Pantai Legendaris di Tengah Kota, Begini Suasana dan Sejarahnya

Taman Hiburan Pantai Tanjungpendam, Tanjungpandan, merupakan satu di antara tempat wisata andalan di Pulau Belitung. Tempat ini sangat sering

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Suasana Pantai Tanjungpendam, Tanjungpandan, Belitung, Rabu (31/3/2021). (Pos Belitung/Disa Aryandi) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Taman Hiburan Pantai Tanjungpendam, Tanjungpandan, merupakan satu di antara tempat wisata andalan di Pulau Belitung. Tempat ini sangat sering dikunjungi oleh wisatawan dan masyarakat lokal.

Keberadaan Pantai Tanjungpendam, sudah sangat lama dikenal banyak orang. Tempat tersebut, sangat erat hubungan pada zaman pertimahan. Bisa disebut tempat wisata legendaris dibanding lokasi wisata lain di Negeri Laskar Pelangi.

"Ini dulu pusat pemukiman atau komplek pejabat di PT Timah dan sudah lama ada, sebelum dikelola pemerintah daerah, tempat ini sudah sering dikunjungi," kata Kepala UPTD Taman Hiburan Pantai Tanjung Pendam Alex Suryadi kepada Posbelitung.co, Rabu (31/3/2021).

Sepanjang perjalanan waktu, pantai wisata Tanjungpendam yang sempat menjadi aset PT Timah ini, pada Tahun 2.000 diserahkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung. 

"Jadi sekarang sudah menjadi tanggung jawab pemerintah daerah. Tapi untuk pengembangan selanjutnya, jika anggaran memungkinkan akan dikembangkan kembali, namun kalau untuk diperluas, sudah tidak bisa lagi," jelasnya.

Paling banyak, lanjut dia, tempat wisata ini sering dikunjungi masyarakat lokal. Ada yang mengunjungi pada siang hari, sore hari hingga malam hari.

"Tapi paling banyak berkunjung masyarakat lokal. Termasuk hari minggu itu sangat ramai sekali, karena ada car free day," ucapnya.

Di Pantai Tanjungpendam, memiliki hutan kota. Hutan tersebut memiliki luasan sekitar delapan hektar, dan luas secara umum Tanjung Pendam tersebut, 22 hektare.

"Sepanjang perjalanan Tanjung Pendam ini, pada tahun kemarin tutup total karena pandemi covid-19. Tapi sekarang geliat nya sudah ada, walaupun masih lambat menunggu vaksinasi selesai," tegasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved