Breaking News:

Berita Pangkalpinang

26 Orang Calon Jemaah Haji Bangka Belitung Sudah Divaksinasi, Target Selesai Sebelum Puasa

Sebanyak 26 orang calon jemaah haji di Bangka Belitung (Babel) sudah disuntik vaksin dosis pertama. Juru Bicara Vaksinisasi di Bangka Belitung

ISt
ILUSTRASI: Gubernur Babel, Erzadi Rosman temui jemaah haji Babel 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Sebanyak 26 orang calon jemaah haji di Bangka Belitung (Babel) sudah disuntik vaksin dosis pertama. Juru Bicara Vaksinisasi di Bangka Belitung sekaligus Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo Utomo, Kamis (1/4/2021) mengatakan, pelaksanaan vaksinasi untuk calon jemaah haji ini dilakukan setelah menerima intruksi dari pusat dan sudah berjalan.

Vaksinasi kategori ini dilakukan sebagai upaya mempercepat cakupan vaksinasi sehingga dapat membentuk herd immunity di masyarakat.

"Setelah mendapat intruksi kemarin, teman-teman di kabupaten atau kota langsung jalan. Total jemaah yang akan divaksin, saya belum dapat laporan. Yang jelas para jemaah ini sudah melakukan pemeriksaan tahap pertama," ujar dr Bangun, hari ini.

Mekanisme vaksinasi untuk calon jemaah haji dilakukan tidak ada perbedaan pada vaksinasi kategori masyarakat yang lain.

"Data jemaah haji sudah ada, sudah tercantum, tinggal kita periksa saja, tidak ada masalah. Data sudah ada di sistem dan tinggal kita pantau saja. Kalau data sebaran umur, saya belum lihat, tapi yang Lansia ada," katanya.

Ia menyebutkan pelaksanaan vaksinasi yang disasarkan kepada para jemaah haji ini berjalan aman, lancar dan tak ada kendala.

"Jadi untuk teman-temam jemaah haji yang sudah terdaftar, yang belum dapat vaksinasi segera untuk menghubungi ke Puskesmas, dinas kabupaten atau kota sesuai dengan tempat pemeriksaan tahap pertama. Kemudian bisa dijadwalkan untuk menerima vaksinasi, sesuai arahan dari pusat, diprioritas untuk jemaah haji. Targetnya selesai sebelum bulan puasa," kata Bangun.

Sebelumnya, Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Bangka Belitung, Muhammad Ridwan mengatakan sebanyak 1.607 calon jemaah haji Tahun 2021 di Bangka Belitung memang sudah diajukan untuk mengikuti program vaksinasi.

Seluruh jemaah haji ini terdiri dari berbagai usia baik muda hingga usia lanjut atau lansia.

"Program vaksinasi untuk calon jemaah haji ini sudah diusulkan dan dikoordinasi oleh Kementerian Agama Pusat kepada Kementerian Kesehatan RI. Program ini diharapkan dapat memberi keamanan bagi calon jemaah haji," kata Ridwan. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved