Breaking News:

Desa Cit Kembangkan Potensi Wisata Aeik Biru

Kepala Desa Cit, H. Ardani bersama seluruh perangkat dan masyarakat terus berupaya untuk meningkatkan ke­sejahteraan masyarakat. Desa Cit, Kecamatan

ist
WISATA Aeik Biru yang akan dikembangkan oleh BUMDes Citra Panca 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Kepala Desa Cit, H Ardani bersama seluruh perangkat dan masyarakat terus berupaya untuk meningkatkan ke­sejahteraan masyarakat.

Desa Cit, Kecamatan Riausilip, Kabupaten Bangka memiliki luas wilayah 6.818 hektare. Lokasi­nya berbatasan dengan desa Deniang dan desa Pugul kecamatan Riausilip.

Pemerintah Desa fokus mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang mengelola potensi desa di bidang pertanian, perkebunan, perdagangan, jasa dan potensi wisata desa.

Kepala Desa Cit, H Ardani menjelaskan BUMDes Citra Panca sekarang mengembangkan usaha di bidang perkebunan kelapa sawit yang bekerja sama dengan PT FAL, jasa usaha sewa kursi tenda, pangkalan gas elpigi 3 kg, Berkah Mart. Selain itu BUMDes akan mengembangkan potensi Wisata Aeik Biru.

WISATA Aeik Biru yang akan dikembangkan oleh BUMDes Citra Panca
WISATA Aeik Biru yang akan dikembangkan oleh BUMDes Citra Panca (ist)

“Dengan adanya BUMDes ini diharapkan dapat menjadi sumber ekonomi desa ,menciptakan peluang kerja dan mengoptimalkan usaha masyarakat guna meningkatkan ekonomi masyarakat,” harap H. Ardani.
Lebih lanjut H. Ardani mengatakan sesuai de­ngan kondisi sepesifik keunggulan sumber daya alam,sumber daya manusia, potensi dan prasarana desa Cit mempunyai tripologi sebagai desa pertanian dan perkebunan karena sebagian besar masyarakat fokus pada bidang pertaniaan seperti penanaman porang, ubi kasesa, bawang dan perkebunan plasma kelapa sawit.

“Kita juga akan mengembangkan wisata Aeik Biru dengan ditanam berbagai jenis tanaman seperti jambu mete dan cemara laut, melaui program penghijauan bersama KPHP Gugus Panca, Inhutani dan pihak Kecamatan. Ini fokus utama atau potensi yang akan menjadi sektor andalan desa Cit dalam membantu sektor perekonomian desa yang juga di kelola oleh BUMDes Citra Panca desa Cit,” kata Ardani.

“Kami mengharapkan dukungan pemerintah daerah dan pihak terkait untuk membantu sarana dan prasarana umum salah satunya akses jalan menuju wisata Aeik Biru karena saat ini jembatan untuk menuju area wisata sedang rusak,” harapnya.

Ardani juga mengatakan, Pemdes Cit siap menerima para investor atau pengusaha yang ingin berinvestasi dan bekerjasama di Desa Cit selama sesuai dengan aturan dan dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat desa.

“Kita punya potensi sumber daya alam, pertanian, perkebunan dan pariwisata. Kita terbuka adanya investasi dengan prioritas meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan di bidang pendidikan dan olahraga beberapa program yang telah dijalankan Pemdes Cit yaitu Laboratorium Literasi bekerjasama dengan mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Stisipol Pahlawan 12 sedang­kan di bidang olahraga berdirinya Sekolah Sepak Bola(SSB) YOYO Desa Cit,” katanya. (Advertorial/*)

"Kami pemerintah desa akan terus berusaha memaksimalkan seluruh potensi desa dan sumber daya manusia dengan terus berinovasi melalui program-program desa demi kemakmuran dan pertumbuhan ekonomi masyarakat baik secara bertahap dan berkesinambungan,” H Ardani (Kepala Desa Cit)

Halaman
12
Editor: Fery Laskari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved