Breaking News:

Penjelasan Lengkap Apa Itu Lone Wolf? Istilah yang Disematkan Pada Wanita Penyerang Mabes Polri

Istilah Lone Wolf disematkan pada terduga teroris ZA penyerang Mabes Polri, Rabu (31/3/2021) kemarin sore| apa maskudnya?

Via Kompas.com
Penjelasan Lengkap Apa Itu Lone Wolf? Istilah yang Disematkan Pada Wanita Penyerang Mabes Polri - Pelaku penyerangan Mabes Polri, Rabu (31/3/2021) sore.(Ivany Atina Arbi) 

BANGKAPOS.COM - Istilah Lone Wolf disematkan pada terduga teroris ZA penyerang Mabes Polri, Rabu (31/3/2021) kemarin sore.

ZA tewas ditembak polisi setelah terlibat baku tembak.

Sebenarnya, apa maksud Lone Wolf seperti yang disebutkan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo saat mengungkap identitas pelaku ZA?

Menurut Kamus Oxford, lone wolf memiliki arti orang yang sangat mandiri atau menyendiri.

Selain arti tersebut, lone wolf juga bermakna seorang teroris atau penjahat yang bertindak sendiri dan bukan bagian dari organisasi.

Sementara itu, mengutip jurnal milik Peter J Phillips berjudul Lone Wolf Terrorism yang terbit pada 2011, lone wolf adalah tindakan terorisme yang dilakukan individu tanpa kaki tangan dan di luar organisasi atau struktur komando formal.

Lone wolf, menurut Phillips, bisa jadi lebih mematikan ketimbang teroris yang bertindak sesuai arahan organisasi.

Ramon Spaaij, dalam jurnalnya berjudul The Enigma of Lone Wolf Terrorism: An Assessment, mengemukakan pelaku lone wolf sering kali mengalami tingkat gangguan psikologis dan ketidakmampuan sosial lebih tinggi.

Menurutnya, lone wolf cenderung menciptakan ideologi mereka sendiri yang menggabungkan rasa frustrasi dan keengganan pribadi dengan tujuan politik, sosial, atau agama lebih luas.

Dalam proses ini, banyak lone wolf mengandalkan komunitas keyakinan dan ideologi validasi yang dihasilkan dan disebarkan oleh gerakan ekstremis.

Halaman
1234
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved