Breaking News:

Kena PHK Gara-gara Pandemi Covid-19, John Tekuni Kerajinan Gitar Untuk Penuhi Kebutuhan Dapur

John kena PHK saat pandemi Covid-19. Dia pun terpaksa banting setir menekui kerajinan gitar. Keahlian membuat gitar dimilikinya sejak 2015.

Istimewa
John, perajin gitar di Sungailiat, Kabupaten Bangka. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kondisi wabah pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung satu tahun lebih hingga saat ini tak dipungkiri telah menyebabkan penurunan kondisi ekonomi.

Beberapa sektor usaha dan perusahaan terpaksa harus merumahkan karyawan dengan konsekuensi pengurangan gaji, bahkan ada karyawan terpaksa harus diberhentikan atau Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Seperti yang dialami John, warga Jalan Depati Amir Kelurahan Srimenanti Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka usai kena PHK perusahaan tempatnya bekerja, terpaksa banting setir menjadi pengrajin atau pembuat gitar skala rumahan.

Bapak dari tiga orang anak yang masih kecil-kecil ini memilih menekuni profesi sebagai seniman perajin gitar sesuai pesanan pembeli atau karakter pemain gitar yang akan menggunakannya.

Jenis gitar yang bisa dibuatnya, seperti gitar Akulele, gitar Akustik hingga Gitar Listrik

Koleksi Gitar yang dibuat John, perajin gitar di Sungailiat, Kabupaten Bangka.
Koleksi Gitar yang dibuat John, perajin gitar di Sungailiat, Kabupaten Bangka. (Istimewa)

”Saya memulainya waktu wabah pandemi Covid-19 mulai trennya, lagi susah-susahnya sekitar bulan Mei tahun 2020 lalu, waktu itu ada pengurangan karyawan saya kena PHK dan belum dapat kerjaan lain, jadi saya milih buat gitar untuk memenuhi kebutuhan dapur keluarga," kata John ditemui di rumah kostnya, Jumat (02/04/2021).

Diungkapkannya, keterampilan membuat gitar sudah dimilikinya cukup lama sekitar tahun 2015 lalu, tetapi hanya melayani pesanan teman-teman dan kenalan saja di saat ada waktu senggang atau libur kerja.

"Saat ini saya baru benar serius menekuni pekerjaan sebagai pengrajin gitar ini demi memenuhi kebutuhan hidup keluarga," ujar Jhon.

Jhon mengerjakan setiap karya dan model gitar yang dipesan para pembeli di rumah kontrakannya dibantu sang istri tercinta.

”Kalau saya mengerjakan gitarnya itu di rumah saja dibantu sama istri,” ujar john.

Halaman
12
Penulis: edwardi
Editor: M Ismunadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved