Breaking News:

Berita Bangka Selatan

TI Tungau Basel Sebentar Lagi Legal, Plt ESDM Babel: Suka Tidak Suka Ini Perintah Presiden

Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman, mengizinkan akivitas PIP mini dilakukan asalkan telah memenuhi teknis dan kajian lingkungan dari Kementrian

Diskominfo Babel
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Keinginan sekelompok masyarakat yang ingin diizinkan melakukan aktivitas tambang inkonvensional (TI) dengan menggunakan sistem ponton isap (PIP) mini di perairan pantai Sukadamai, Kecamatan Toboali mendapatkan dukungan dari Kementrian ESDM.

Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Amir Syahbana, yang telah bertemu dengan perwakilan dari Kementrian ESDM di Jakarta.

"Karena ini diperintah gubernur, saya sudah bertemu direktur teknik dan lingkungan, analis sudah ketemu, tinggal sedikit lagi mungkin tidak lama lagi, persetujuan teknis Minggu depan sebelum puasa. Kemudian gantilah istilah nama tungau, tetapi resminya itu PIP mini,"jelas Amir kepada Bangkapoa.com, Jumat (2/4/2021).

Amir, menambahkan untuk teknis spesifikasi yang digunakan dalam PIP mini menurutnya sama, karena menggunakan mesin dalam penggunaan ponton isap.

"Secara sama, mesin sama, mekanisme sama. Untuk amdal kita tidak tahu seberapa progresnya karena dinas lingkungan hidup," terangnya.

Amir memastikan, Kementrian ESDM memberikan respon baik terkait keinginan masyarakat di Toboali yang ingin melakukan pertambangan dengan menggunakan PIP mini di dalam IUP PT Timah.

"Respon minerba mendorong, mereka juga komunikasi dengan KLHK suka tidak suka ini perintah presiden," ujarnya.

Dia menegaskan, apabila aktivitas PIP mini berjalan nantinya, akan diberlakukan secara kelompok, bukan perorangan yang melakukan aktivitas tambang.

"Namanya kemitraan tidak ada perorangan, coba dipikirkan pemberdayaan masyarakat," katanya.

Kemudian disinggung setelah Sukadamai, bagaimana daerah lainnya apabila ingin melaksanakan aktivitas yang sama, Amir mengatakan boleh saja.

Halaman
12
Penulis: Riki Pratama
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved