Breaking News:

Babel Merawat Kebhinekaan

Babel Merawat Kebhinekaan bersama Bangka Pos Membangkitkan Kembali Gairah Ceng Beng

Selain etnis Melayu, Kota Pangkalpinang Provinsi Bangka Belitung juga memiliki kaitan erat dengan etnis Tionghoa.

Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Live Streaming di Festival Ceng Beng, Babel Merawat Kebhinekaan bersama Bangka Pos 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Selain etnis Melayu, Kota Pangkalpinang Provinsi Bangka Belitung juga memiliki kaitan erat dengan etnis Tionghoa.

Bahkan Pangkalpinang memiliki kompleks pemakaman China terbesar se-Asia Tenggara, yakni Pekuburan Sentosa terletak di jalan Bukit Abadi di sisi Timur Jalan Soekarno Hatta Pangkalpinang yang selalu ramai saat perayaan Ceng Beng.

Hari Ceng Beng atau Qing Ming adalah hari ziarah tahunan bagi etnis Tionghoa.

Hari Ceng Beng biasanya jatuh pada tanggal 5 April untuk setiap tahunnya.

Warga Tionghoa biasanya akan datang ke makam kuburan orang tua atau leluhur mereka untuk membersihkannya dan sekalian bersembahyang di makam tersebut sambil membawa buah-buahan, kue-kue, makanan, serta karangan bunga.

Namun sampai hari ini, masih banyak masyarakat Tionghoa yang keliru menganggap Cheng  Beng ini sebagai perayaan agama masyarakat Tionghoa saja.

Padahal, sesungguhnya Cheng Beng ini adalah adat istiadat orang Tionghoa.

Dengan demikian Bangka Pos hadir mencoba membangkitkan kembali gairah Ceng Beng yang sempat padam beberapa tahun lalu.

"Hari ini saya memulai dengan teman-teman membuat Festival Ceng Beng, akan banyak hadir narasumber, budayawan dari multi eksni dan agama. Kami hadir mengembalikan ruh Ceng Beng ini dengan acara Festival Ceng Beng yang kita beri tagline Babel Merawat Kebhinekaan," kata Pimpinan Redaksi Bangka Pos Ibnu Taufik Juwariyanto dalam Live Streaming di Festival Ceng Beng, Sabtu (3/4/2021).

Pimpinan Redaksi Bangka Pos Ibnu Taufik Juwariyanto dalam Live Streaming di Festival Ceng Beng, Babel Merawat Kebhinekaan bersama Bangka Pos
Pimpinan Redaksi Bangka Pos Ibnu Taufik Juwariyanto dalam Live Streaming di Festival Ceng Beng, Babel Merawat Kebhinekaan bersama Bangka Pos (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Babel Merawat Kebhinekaan bersama Bangka Pos akan menghadirkan beberapa narasumber dan disiarkan secara langsung di Facebok Bangka Pos, Pos Belitung, dan Youtube Bangka Pos Official, selama dua hari 3-4 April 2021.

Live streaming tersebut juga disiarkan langsung dari kompleks pemakaman China terbesar se-Asia Tenggara, yakni Pekuburan Sentosa.

Menurutnya, Ceng Beng memiliki kaitan ekonomi yang sangat vital di Bangka Belitung.

"Kenapa Ceng Beng menjadi sangat relavan karena Ceng Beng bukan lagi menjadi tradisi masyarakat Tionghoa tapi sudah menjadi kaitan ekonomi yang sangat erat untuk Bangka Belitung. Dan, adat itu merupakan bagian dari kebudayaan, jadi, janganlah kita mengingkari kita sebagai orang Tionghoa dengan melupakan budaya leluhur kita sendiri," jelasnya.

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved