Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Desa Lubuk Pabrik Kembangkan Potensi Wisata Alam dan Sektor Pertanian 

Keberadaan Desa Lubuk Pabrik ini menyimpan potensi alam dan berbagai produk unggulan desa yang menjadi daya pikat sekaligus sebagai mata penghasilan

bangkapos.com/Sela Agustika
Wisata Air Terjun C2 Desa Lubuk Pabrik, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Desa Lubuk Pabrik, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah menjadi salah satu desa pemekaran di wilayah Lubuk Besar yang terbentuk sejak tahun 2006.

Secara umum, Desa Lubuk Pabrik berbatasan dengan beberapa wilayah, sebelah utara dan timur berbatasan dengan Lubuk Besar, Sebelah barat berbatasan dengan Lubuk lingkuk, dan sebelah selatan berbatasan dengan Desa  Tepus, Bangka Selatan.

Memiliki luas wilayah sekitar 600.045, 32 hektar, total jumlah penduduk Desa Lubuk Pabrik sebanyak 4.393, terdiri dari 2.092 perempuan dan 2.301 laki-laki dengan total kepala keluarga (KK) yaitu 1.355 dengan kesamaam suku ataupun ras masyarakat setempat yang beranekaragam terdiri dari Jawa, Sunda, Flores, Melayu, serta Buton ataupun Bugis.

Keberadaan Desa Lubuk Pabrik ini menyimpan potensi alam dan berbagai produk unggulan desa yang menjadi daya pikat sekaligus sebagai mata penghasilan masyarakat di desa.

Potensi wisata alam Air Terjun C2 yang berada di Desa Lubuk Pabrik ini menyimpan keindahan alam nan eksotis  yang dikelolah oleh pihak desa dan masyarakat setempat.

Wisata alam hutan lindung yang dikelolah pihak Desa ini resmi mendapat izin langsung dari instansi tekait seperti Dinas Lingkungan Hidup, Lembaga Pengelolah Hutan Lindung, dan instansi terkait yang saat ini masih dikelola dan disulap pihak desa dengan tetap mengutamakan keaslian dan keasrian hutan.

"Untuk air terjun ini memang kita kelolah secara personal dari desa dengan bantuan pengolahan oleh masyrakat. Untuk itu kita sangat berharap dukungan pemerintah agar wisata alam yang ada di kita bisa memberikan fasilitas-fasilitas pendukung bagi kenyamanan pengunjung," kata Sekretaris Desa, Agus Santoso.

Keka­yaan potensi alam yang dimiliki ini menjadikan desa Lubuk Pabrik saat ini juga  dikenal sebagai salah satu desa wisata yang menyajikan panorama keindahan alam Air Terjun C2.

Agus menjelaskan pihaknya sangat bersyukur dengan ragam potensi alam yang dimiliki desanya. Dengan adanya potensi alam tersebut diakuinya dapat menjadi sumber penghasilan asli desa dan masyarakat bisa melakuan pengelolaan dengan baik.

Ia menambahkan, pihaknya akan terus menggandeng masyarakat untuk melakukan pemetaan dan merencanakan pengemba­ngan sehingga menjadi kawasan wisata alam terpadu yang  dikelola dengan baik, bahkan menjadi wisata yang dikenal secara nasional.

Halaman
12
Penulis: Sela Agustika
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved