Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Paskah 2021 Terapkan Protokol Kesehatan Ketat dan Berlangsung Sederhana

Umat Katolik mengikuti perayaan malam Paskah menerapkan protokol kesehatan ketat di Gereja Katedral Santo Yosef Pangkalpinang, Sabtu (3/4/2021).

bangkapos.com
Situasi Malam Paskah Gereja Katedral Santo Yosef Pangkalpinang, Sabtu (3/4/2021). (Bangkapos.com/Ardhina Trisila Sakti) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA - Umat Katolik mengikuti perayaan malam Paskah menerapkan protokol kesehatan ketat di Gereja Katedral Santo Yosef Pangkalpinang, Sabtu (3/4/2021).

Jumlah umat yang masuk ke gereja dibatasi maksimal 280 orang. Beberapa minggu sebelumnya umat diwajibkan melakukan pendaftaran untuk mengikuti rangkaian tri suci yang terdiri Kamis Putih, Jumat Agung dan Paskah.

Pentauan Bangkapos.com, umat yang hendak masuk ke gereja harus dicek suhu tubuh oleh petugas, mencuci tangan kemudian menunjukkan kartu identitas pendaftaran kepada panitia.

Gereja juga menerapkan jaga jarak dan membatasi satu kursi hanya diisi oleh tiga orang saja.

Malam Paskah di Gereja Katedral Santo Yosef Pangkalpinang dipimpin oleh Pastor Paulus Yosef Kasogen.

Malam Paskah biasa dirayakan umat Katolik diawali dengan upacara cahaya penyalaan lilin Paskah.

Pada Malam Paskah ini kegelapan dalam hidup umat Katolik diterangkan oleh Cahaya Kristus melalui lilin yang menyala di tangan.

“Malam Paskah atau Vigili artinya berjaga-jaga menantikan kebangkitan Yesus. Sementara hari Paskah besok Minggu (4/4/2021),” ujar Pastor Paulus Yosef Kasogen kepada Bangkapos.com

Juru Bicara Media Centre Gereja Katedral Pangkalpinang, Andi Kris mengatakan perayaan Paskah kali berlangsung sederhana dengan rangkaian ibadat yang dipersingkat mengingat situasi pandemi Covid-19.

Beberapa rangkaian ibadat menyesuaikan dengan protokol kesehatan seperti umat membawa lilin masing-masing dan diminta untuk mematikan lilin tanpa membuka masker dan meniupnya agar droplet tak keluar.

Halaman
12
Penulis: Ardhina Trisila Sakti
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved