Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Dirjen Minerba Ambil Sampel Zirkon dari Tiap Jumbo Bag, Akan Diuji Laboratorium di Bandung

Dirjen Minerba ini didampingi Kasat Reskrim Polres Pangkalpinang AKP Adi Putra, guna mengecek dan mengambil ulang sampel yang kemarin sempat tertunda.

Bangkapos.com/Yuranda
Dirjen Mineba, Kementrian ESDM, Ridwan Djamaluddin didampingi Kasat Reskrim Polres Pangkalpinang AKP Adi Putra, tinjau Zirkon di Pelabuhan Pangkalbalam, Senin (5/4/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Direktur Jenderal Mineral dan Batubara, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, Ridwan Djamaluddin, kembali meninjau Zirkon di Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang, Bangka Belitung, Senin (5/4/2021).

Kedatangan Dirjen Minerba ini didampingi Kasat Reskrim Polres Pangkalpinang AKP Adi Putra, guna mengecek dan mengambil ulang sampel yang kemarin sempat tertunda.

Satu persatu Jumbo Bag yang berisi Zirkon tersebut diambil sampelnya, pengambilan ini dilakukan guna mengecek kadar dan unsur yang lainnya terdapat pada Zirkon tersebut.

Sebanyak 200 ton, Zirkon yang dikemas dalam delapan kontainer, harus menunggu hingga dua minggu kedepan. Jika hasil dari pengujian di laboratorium sesuai standar Zirkon tersebut akan diekspor.

Namun jika tidak sesuai standar atau peraturan ekspor maka barang tersebut tetap ditahan, dan akan dilakukan tindakan dari Kementerian ESDM dalam hal ini Dirjen Minerba.

Ridwan Djamaluddin mengatakan, selanjutnya sampel zirkon tersebut akan dibawa ke laboratorium yang ada di Bandung, Provinsi Jawa Barat.

"Sampel ini kami berbagi dengan pihak lain, di antaranya pihak Bea Cukai dan Sucofindo biar adil, dan objektif," kata Ridwan Djamaluddin, di Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang, Bangka Belitung, Senin (5/4/2021).

Katanya, sampel tersebut akan dibawa ke laboratorium di Bandung, dan akan diuji selama dua minggu.

Selanjutnya, baru hasil dari pengujian itu bisa diketahui, apakah kadar zirkon tersebut layak ekspor atau tidak.

"Jadi untuk sementara ini kita belum bisa menyimpulkan hasilnya, hasil akhirnya baru bisa diketahui dua minggu kedepan," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Yuranda
Editor: El Tjandring
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved