Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Dishub Bangka Belitung Gelar Razia, Berikut Target dan Waktunya

Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) beserta Dirlantas Polda Babel telah melakukan inspeksi, audit dan pemantauan

istimewa
Dinas Perhubungan Provinsi Bangka Belitung beserta Dirlantas Polda Babel melakukan inspeksi, audit dan pemantauan Sistem Manajemen Keselamatan Perusahan Angkutan Umum. (Ist/Foto diambil, Senin (5/4/2021). 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) beserta Dirlantas Polda Babel telah melakukan inspeksi, audit dan pemantauan sistem manajemen keselamatan perusahan angkutan umum.

Kegiatan itu dilaksanakan di Jalan Sungailiat - Belinyu, tepatnya di Desa Sinarbaru, Kabupaten Bangka, Senin (5/4/2021).

Koordinator Tim Dishub Babel, Masagus Imron, Senin (5/4/2021) menjelaskan, untuk kendaraan over dimension over loading (ODOL) masih dalam tahap sosialisasi sehingga pengemudi kendaraan dan pemilik kendaraan dapat melaksanakan peraturan yang telah ditetapkan. 

“Untuk ODOL tahap pertama ini masih sosialisasi belum ada penindakan dan petugas kita akan menyampaikan kalau ada kendaraan yang lebih daripada standarnya," kata Masagus.

Ia menjelaskan, pihaknha memberikan informasi bahwa, apabila membawa barang yang berlebihab telah menyalahi aturan yang ada. "Sehingga harus disesuaikan dengan peraturan yang telah ditentukan,”ungkapnya.

Masagus juga menjelaskan, pihaknya telah melakukan inspeksi mendadak bertujuan untuk sosialisasi dan penindakan kepada pengemudi kendaraan pickup dan truk.

Pada akhirnya, masyarakat diharapkan taat aturan, sesuai Pasal 277 Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalul intas angkutan jalan. 

“Target kita adalah mobil pickup dan truk yang tidak melengkapi buku KIR dan over dimension over loading (ODOL),” tegasnya.

Yang jelas, Dinas Perhubungan Babel beserta aparat kepolisian telah melaksanakan kegiatan inspeksi di  dua lokasi yaitu di Kabupaten Bangka Barat dan Kabupaten Bangka Selatan, Senin (5/4/2021).

“Sejak Tahun 2020 kita sudah melaksanakan inspeksi ini di dua kabupaten yaitu Kabupaten Bangka Barat dan Kabupaten Bangka Selatan. Untuk tahun ini 2021, Dinas Perhubungan Provinsi Bangka Belitung beserta Polda Babel akan mengelar inspeksi tersebut di empat kabupaten yaitu Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Barat, dan Kabupaten Bangka Selatan," ujarnya.

Razia dilakukan pada Tanggal 5 April di Kabupaten Bangka, 6 April di Kabupaten Bangka Tengah, 7 April di Kabupaten Bangka Selatan dan 8 April di Kabupaten Bangka Barat.

"Dengan adanya kegiatan inspeksi ini diharapkan kepada seluruh masyarakat Babel yang menggunakan kendaraan pickup dan truk. Untuk mematuhi peraturan yang telah ditentukan sehingga keamanan dan kenyaman berkendaraan dapat diwujudkan dengan baik," harapnya. (Bangkapos.com/Riki Pratama)


Penulis: Riki Pratama
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved