Breaking News:

Megahnya Istana Negara di Ibukota Baru Indonesia di Kalimantan, Mirip Burung Garuda

Megahnya Istana Negara di Ibukota Baru Indonesia di Kalimantan, Pradesainnya Butuh Masukan Lagi

Penulis: Teddy Malaka CC | Editor: Teddy Malaka
IG Presiden Jokowi
Desain Istana Negara di Ibukota Baru Indonesia 

BANGKAPOS.COM - Pemindahan ibukota negara dari Jakarta ke Kalimantan bukan sekadar rencana. Presiden Joko Widodo baru-baru ini memamerkan desain Istana Negara yang akan dibangun di ibukota baru itu.

Melalui Instagram, Presiden Joko Widodo mengatakan tahun lalu, Kementerian PUPR mengundang beberapa arsitek dan seniman untuk memberikan masukan dan gagasan mengenai bangunan ikonik di ibu kota negara yang baru.

Sejumlah usulan pun masuk. Salah satunya adalah pradesain Istana Negara karya seniman patung kenamaan Nyoman Nuarta ini. Usulan beliau sarat dengan filosofi lambang Burung Garuda sebagai pemersatu bangsa sesuai semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

"Usulan ini, sekali lagi, masih pada tahap pradesain. Karena itu, saya sangat mengharapkan masukan dari bapak, ibu, dan saudara-saudara semua tentang pradesain Istana Negara ini. Saya menginginkan Istana Negara tidak hanya dikenang sebagai tempat Presiden bekerja atau menjadi simbol kebanggaan bangsa, tapi juga mencerminkan kemajuan bangsa.

Dengan masukan-masukan itu nantinya, saya akan mengundang kembali para arsitek dan para ahli lainnya untuk melakukan pengkayaan pradesain menjadi basic desain Istana Negara," kata Presiden.

Presiden Jokowi Ungkap Alasan Menangnya Nagara Rimba Nusa Sebagai Desain Ibu Kota Baru di Kalimantan

Presiden Jokowi mengungkapkan alasan di balik menangnya Nagara Rimba Nusa pada sayembara desain ibu kota negara yang baru di Kalimantan.

Melalui Instagram miliknya, Presiden Jokowi mengatakan para pemenang desain ibu kota negara akan diajak ke lokasi.

Ia ingin para pemenang bisa datang ke lokasi dan menyesuaikan desain yang detail.

"Konsep gagasan desain ibu kota negara di Kalimantan bertema "Nagara Rimba Nusa" telah terpilih sebagai pemenang sayembara. Gagasannya tidak hanya baik, tapi juga punya pembeda dengan negara-negara lain.

Para pemenang, juara satu, dua, dan tiga, dalam waktu dekat akan diajak langsung ke lokasi calon ibu kota di Kalimantan Timur.

Dengan melihat lokasi, mereka akan mendapatkan pengalaman dan cita rasa terbaik untuk menyusun detail desain dimulai tahun 2020.

Survei lapangan diperlukan untuk memastikan rancangan ibu kota telah sesuai rencana lokasi pembangunan prasarana dasar seperti Bendungan Sepaku Semoi yang akan dibangun pada 2020, serta jalan dan drainase pada areal seluas 4.000 - 6.000 hektare. Juga mempertimbangkan lingkungan sekitar, seperti habitat Bekantan, binatang dilindungi, yang menghuni hutan sekitar Teluk Balikpapan," posting Presiden Jokowi.

755 peserta dari Indonesia dan luar negeri, 292 karya, lima finalis desain ibu kota negara yang cerdas, hijau, indah, modern dan berkelanjutan. Begitu besar antusiasme para desainer dan arsitek untuk ikut mengambil bagian dalam rancang bangun ibu kota negara Indonesia yang baru.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved