Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Pimpinan KPK Turun ke Bangka Belitung, Ajak Pelaku Usaha Diskusi Pencegahan Korupsi

Pimpinan KPK hadir di Bangka untuk berkoordinasi dan diskusi mengenai pencegahan korupsi pada badan usaha, Senin (5/4/2021).

Bangkapos.com/Widodo
SUASANA Fokus Grup Diskusi oleh pimpinan KPK, Direkorat anti korupsi badan usaha dan pelaku usaha, Kadin Babel dan sejumlaj pihak di Babel yang dilaksanakan di sekretariat Kadin Babel, Senin (5/4/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hadir di Bangka untuk berkoordinasi dan diskusi mengenai pencegahan korupsi pada badan usaha, Senin (5/4/2021).

Focus Group Discussion yang diadakan di sekretariat Kamar Dagang dan Industri (Kadin) yang dihadiri sejumlah pihak itupun menanyakan terkait permasalahan yang ada di Bangka Belitung.

Wakil Ketua KPK, Lili Pintauli Siregar menyebutkan datang ke Bangka Belitung dengan tujuan untuk pencegahan korupsi.

"Kami datang ke sini untuk mengupayakan pada pencegahan korupsi. Seperti yang disampaikan oleh Ketua Kadin, banyak potensi di Bangka Belitung," katanya.

"Namun sayang secara pendapatan Babel masuk angka terendah. Tetapi, berdasarkan angka tindak pidana korupsinya Bangka Belitung sangat rendah," ungkapnya.

Dia menyebutkan, ada berapa tugas dari KPK sebagaimana tertuang dalam APN.

"Mencatat, melaporkan, menganalisa, serta mengungkapkan status stratifikasi itu apakah diambil negara atau tidak. Kemudian melakukan pendidikan anti korupsi pada semua jejaring yang ada baik formal maupun informal. Tugas lain sebagai edukasi tentang pemberantasan korupsi dan kampanye anti korupsi," jelasnya.

Selain menggelar Focus Group Discussion yang dilakukan di Kantor Sekretariat Kamar Dagang dan Industri, pihak KPK juga menemui para pelaku usaha.

"Catatan KPK sejak tahun 2004 sampai saat ini, kasus perkara suap-menyuap atau korupsi di Indonesia yang terbanyak dilakukan oleh pelaku usaha, kemudian anggota legislatif, ketiga ASN," ujarnya.

Dia menambahkan, pelaku usaha belum mengetahui, atau sudah mengetahui namun terpaksa melakukan kegiatan yang mengarah ke arah korupsi tersebut.

"Kami berharap, bahwa di Provinsi Bangka Belitung akan mendorong kegiatan dengan potensi laut, alam, yang bisa dimanfaatkan untuk kemajuan Bangka Belitung," kata dia.

Halaman
12
Penulis: Widodo
Editor: El Tjandring
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved