Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Update, Stok Vaksin di Babel 13.240 Dosis Sinovac, 2.480 Dosis AstraZeneca

Stok vaksin di seluruh wilayah Bangka Belitung ada sebanyak 13.240 dosis vaksin Sinovac.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita).
Kepala Seksi Kefarmasian Dinas Kesehatan Bangka Belitung , Zulkarnain 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung per hari Senin (5/4/2021), stok vaksin di seluruh wilayah Bangka Belitung ada sebanyak 13.240 dosis vaksin Sinovac.

Dengan rincian stok vaksin di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 3.440 dosis, Pangkalpinang 5.100 dosis, kabupaten Bangka 150 dosis, Bangka Barat 1.240 dosis, Bangka Selatan 170 dosis, Bangka Tengah 1.240 dosis, Belitung 920 dosis, dan Belitung Timur 920 dosis.

Sementara untuk stok vaksin jenis AstraZeneca di Bangka Belitung ada sebanyak 2.480 dosis.

Baca juga: 200 Ton Zirkon Gagal Berlayar ke China, Sejumlah Pihak Mengaku Tak Tahu Berapa Kadarnya

Dengan rincian stok vaksin di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 1.960 dosis, Pangkalpinang 120 dosis, kabupaten Bangka 40 dosis, Bangka Barat 30 dosis, Bangka Selatan 70 dosis, Bangka Tengah 40 dosis, Belitung 160 dosis, dan Belitung Timur 60 dosis.

Kepala Seksi Kefarmasian Dinas Kesehatan Bangka Belitung, Zulkarnain mengatakan sistem pendistribusian vaksin ke kabupaten atau kota dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku.

"Kita dapat pemberitahuan dari pusat ada dua, pertama dari Dirjen P2P dan kedua Dirjen farmasi alkes. Alokasi untuk provinsi dan alokasi untuk kabupaten sudah dibuatkan oleh pusat. Kemudian kita diberikan pemberitahuan pengiriman dari PT Bio Farma, nanti dikirim via pesawat, di bandara akan ada tim dan dikawal oleh polisi dan brimob," ujar Zulkarnain, Senin (5/4/2021).

Setelah vaksin diserah terimakan lewat berita acara, akan didata terlebih dulu jumlah vaksin kemudian disimpan di dalam cool room.

"Nanti kita akan menunggu kesiapan kita dalam distribusi ke kabupaten atau kota, kita jadwalkan. Teknisnya mereka yang datang (pihak kabupaten atau kota) yang datang, mereka dikawal oleh polres setempat untuk keamanannya," jelas Zulkarnain.

Sampai sejauh ini, dalam pendistribusikan vaksin untuk melawan virus corona karena koordinasi antar stakeholder terkait sangat diutamakan.

"Tak hanya vaksin, logistik pendukungnya juga kita siapkan seperti ada spare part suntiknya, dan box tempat jarum suntik. Perangkat itu juga dikirimkan dari pusat," kata Zulkarnain.

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita 

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved