Breaking News:

Berita Bangka Selatan

Warga Tionghoa Gelar Ceng Beng, Riza Herdavid Minta Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

Perayaan Ceng Beng atau kerap disebut Sembahyang Kubur turut digelar di Kabupaten Bangka Selatan khususnya di Kecamatan Toboali.

(Bangka Pos/Jhoni Kurniawan)
Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Perayaan Ceng Beng atau kerap disebut Sembahyang Kubur turut digelar di Kabupaten Bangka Selatan khususnya di Kecamatan Toboali.

Biasanya warga setempat menggelar perayaan ini pada setiap tanggal 4 atau tanggal 5 di bulan april.

Berlangsung di tengah Pandemi Covid-19 saat ini, Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid menyatakan pihaknya tak akan melarang kegiatan keagamaan masyarakat dengan catatan tetap menerapkan protokoler kesehatan.

Perayaan tahunan yang digelar oleh masyarakat Tionghoa lanjut Riza merupakan kegiatan keagamaan yang rutin digelar setiap tahunnya.

Untuk itu demi tetap mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bangka Selatan, ia berharap agar penerapan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19 tetap diterapkan.

"Ibadah tidak kita larang, tetapi tetap dengan protokol kesehatan. Harapannya adalah Ibadah Ceng Beng tetap berlangsung dengan prokes," ujar Riza pada Senin, (5/4/2021).

Ceng Beng lanjutnya merupakan rangkaian peribadatan untuk mengenang leluhur yang telah lebih dulu meninggal dunia.

Tak hanya itu melalui perayaan ibadah ini juga dijadikan momentum untuk melakukan ritual doa-doa bagi orangtua dan leluhur.

"Tentunya ini menjadi bagian dari kazanah budaya kita di Bangka Belitung yang tidak hanya ada komunitas muslim namun juga ada komunitas lainnya termasuk warga Tionghoa ini dan kita harapkan melalui kegiatan ini dapat menjadikan Kabupaten Bangka Selatan semakin rukun. (Bangka Pos/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved